Sabtu, Desember 2, 2023
BerandaPolitikTarget Demokrat Kalbar di Pileg 2024, Rebut kembali Kursi Pimpinan

Target Demokrat Kalbar di Pileg 2024, Rebut kembali Kursi Pimpinan

PONTIANAK, insidepontianak.com – Partai Demokrat Kalbar, berambisi merebut kembali kursi pimpinan DPRD Kalbar lewat pemilihan legislatif atau Pileg 2024.

Sebagaimana diketahui, lima tahun lalu, partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, mendapat jatah kursi pimpinan DPRD Kalbar. Saat itu, Ermin Elviani yang menduduki jabatan tersebut.

Namun, di Pileg 2019, Demokrat alami penurunan jumlah kursi di Parlemen Kabar. Sebab itu, mereka harus melepaskan kursi pimpinan karena direbut NasDem.

Di momen Pileg 2024, Demokrat bertekad kembali untuk mengamankan kursi pimpinan, dengan target kemenangan minimal 14 kursi di DPRD Kalbar.

Ketua DPD Partai Demokrat Kalbar, Ermin Elviani pun menyampaikan, caleg Demokrat DPRD Kalbar yang akan berkonsentrasi telah resmi didaftarkan ke KPU Kalbar, Minggu (14/5/2023).

Ia memastikan berkas pendaftaran yang telah diserahkan, diterima dengan baik oleh KPU Kalbar.

“Dengan demikian, kami siap bertarung di Pileg tahun 2024,” kata Ermin Elviani di kantor KPU Kalbar.

Ia mengatakan, pendaftaran sengaja dilakukan hari ini. Karena tanggalnya bertepatan dengan nomor urut partai Demokrat yakni 14.

Ia optimistis target kemenangan Demokrat Kalbar di Pileg 2024 tercapai, walau beberapa kader potensial memilih angkat kaki. Sebut saja, Erma Ranik, mantan Ketua Demokrat Kalbar yang kini bergabung ke Perindo.

Adapun alokasi kursi DPRD Kalbar yang ditargetkan sebanyak 14 kursi. Khusus dapil Kubu Raya dan Mempawah, Demokrat menargetkan  tiga kursi.

Sementara, Kayong-Ketapang dua kursi, dapil Sambas satu kursi, Singkawang-Bengkayang dua kursi, Sanggau-Sekadau dua kursi, Kota Pontianak satu kursi, serta Landak satu kursi dan Sintang, Melawi serta Kapuas Hulu satu kursi.

Sementara itu, untuk DPR RI dapil satu dan dua Kalbar, Demokrat menargetkan satu kursi. (Andi)***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer