Jumat, Desember 1, 2023
BerandaPendidikanUnisma Jalin Kerja Sama dengan Taiwan untuk Mendukung World Class University

Unisma Jalin Kerja Sama dengan Taiwan untuk Mendukung World Class University

MALANG, insidepontianak.com –  Rektor Universitas Islam Malang atau Unisma, Prof Maskuri gelar kunjungan ke Taiwan dengan agenda perluasan jejaring kerja sama dengan mitra industri, perguruan tinggi, dan pengurus cabang istimewa nahdatul ulama (PCINU) di luar negeri.

Saat ini, Unisma telah memiliki mitra, mahasiswa, dan alumni yang berasal dari 34 negara, pasca diperolehnya akreditasi unggul oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia dan perolehan full accreditation dari lembaga akreditasi Internasional di Jerman, ASIIN.

Unisma semakin memantapkan laju perluasan akses kerja sama internasional. Pada bulan Februari 2023, Unisma juga telah melaksanakan international site visit accreditation dari lembaga akreditasi international FIBAA Jerman.

Unisma sendiri memiliki komitmen yang sangat kuat terhadap peningkatan kualitas mutu pendidikan dan mutu lulusan.

“Oleh karena itu kerja sama pentahelix dengan dunia industri, pemerintah, perguruan tinggi, masyarakat, dan media massa di tingkat nasional dan internasional sagatlah penting untuk digalakkan,” kata Rektor Unisma, Prof Maskykuri Bakri, Rabu (29/3/2023).

Kunjungan kerja Rektor Unisma ke Taiwan turut didampingi oleh Wakil Rektor I, Prof Junaidi Mistar, Wakil Rektor II, Noor Shodiq Askandar.

Rombongan Unisma disambut oleh CEO perusahaan multinasional di Taiwan antara lain: Foxconn, L&K CO (semiconductor) dan Taieasy Group pada hari pertama rangkaian kegiatan Smart City Expo yang dihadiri oleh pengunjung dan perusahaan multinasional internasional dari 47 Negara.

Pada hari kedua delegasi Unisma bertemu langsung dengan CEO dan pimpinan dunia industri internasional antara lain: Digi Block Taipei (Taipei 5G, AR/VR, IOT, dan Incubator Center), Sha Yang Ye Park (Robot Wonderland), Hsinchu Science Park, dan Taiwan Tze-Chiang Foundation of Science &Technology (TCFST).

Pertemuan ini sangat penting untuk mendukung Unisma dalam mewujudkan entrepreneurial university pada tahun 2023-2027.

“Unisma mendapatkan peluang kerja sama internasional strategis di bidang business dan entrepreneurship khususnya bidang pengembangan Information, Communication dan Technology di Taiwan, ” kata Mr Fred Kuo, selaku CEO PT Emliku Smart Technology, Indonesia-Taiwan.

Senada, Ms Kathleen Lin selaku Managing Director PT Emliku Smart Technology juga menegaskan bahwa Hsinchu Science Park yang menjadi salah satu tujuan kunjungan kerja sama Unisma adalah Taiwan’s Science Park yang pertama.

Science park ini merupakan salah satu penghasil teknologi papan atas tingkat dunia yang dikenal dengan “Taiwan’s Silicon Valley.”

Begitu juga dengan Tze-Chiang Foundation of Science &Technology (TCFST) yang merupakan lembaga mandiri yang memberikan program pengembangan professional yang comprehensive berkaitan dengan industri semiconductor.

Kunjungan di hari kedua delegasi Unisma diakhiri dengan kegiatan inisiasi kerja sama dengan pimpinan National Tsing Hua University, Taiwan yang akan ditindaklanjuti dengan rencana penandatanganan MoU kedua belah pihak secara virtual.

Delegasi Unisma kemudian melanjutkan kegiatan salat tarawih berjamaah bersama masyarakat Indonesia di Taiwan, serta penandatanganan MoU antara Rektor Unisma dengan ketua Pengurus Cabang Istimewa Nahdatul Ulama (PCINU) Taiwan, Didik Purwanto, Ph.D

Ketua PCINU Taiwan berharap bahwa civitas akademika beserta alumni Unisma bisa melaksanakan kegiatan tridarma dan studi lanjut program degree maupun non-degree di Taiwan melalui sinergi internasional yang dibangun bersama PCINU Taiwan.

Tahun ini PCINU Taiwan juga akan mengirim warga Taiwan untuk kuliah di Unisma, karena Unisma memiliki daya komparatif yang tinggi sebagai Perguruan Tinggi papan atas di Indonesia.***

Abdul Halikurrahman
Abdul Halikurrahmanhttps://insidepontianak.com/redaksi/
Koordinator Liputan Insidepontianak.com
RELATED ARTICLES

Berita Populer