Pemkab Ketapang Ingin Program PUG-PPRG Diterapkan di Semua SKPD

3 Maret 2024 09:28 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - Sekda Ketapang, diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Edi Radiansyah membuka kegiatan sosialisasi pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PUG-PPRG), dan penyediaan data terpilah gender tahun 2023, di Hotel Aston Ketapang, Senin (6/3/2023).

Di kesempatan itu, Edi menyampaikan penerapan PUG-PPRG harus terlaksana di semua perangkat daerah, walau masih belum seperti yang diharapkan, karena kendala-kendala yang dihadapi.

"Adanya diskriminasi terhadap perempuan dan laki-laki, kesenjangan partisipasi politik, rendahnya kualitas hidup perempuan dan anak. Itu diantaranya masalah tersebut," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap Pemkab Ketapang melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Ketapang melaksanakan kegiatan ini, dalam rangka percepatan pencapaian pengarusutamaan gender.

"Sebagai upaya untuk menurunkan ketimpangan tersebut dari sisi perencanaan anggaran dilakukan melalui anggaran yang responsif gender," tegasnya.

"Anggaran responsif gender diarahkan untuk menghapus kesenjangan dan mewujudkan kesetaraan serta keadilan gender secara menyeluruh," pungkasnya.***

Leave a comment