Tangani Stunting, Pemkab Kayong Utara Optimalkan Peran TPPS Kecamatan dan Desa

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Tahun 2023, Senin (11/09/2023).

Rakor yang mengusung tema Optimalisasi Peran TPPS Kecamatan dan Desa Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting, dibuka secara resmi oleh Bupati Kayong Utara, Citra Duani.

Kegiatan ini turut diikuti Wakil Bupati Kayong Utara Effendi Ahmad, yang juga nenjabat Ketua TPPS Kabupaten Kayong Utara, Kepala BKKBN Kalbar Pintauli Romangasi Siregar.

Dalam arahannya, Bupati Kayong Utara Citra Duani menekankan sinergitas semua pihak dalam mengoptimalkan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kayong Utara.

"Kuncinya bersama sama kita bisa," tegas Citra Duani.

Seselain itu, ia juga meminta pengawasan dan evaluasi terhadap aksi nyata penanganan stunting dilkukan secara berkala.

"Sebenarnya ke depan OPD-OPD ini, harus ada pelaksana koordinator pada setiap kecamatan dan desa untuk terus monitoring dan evaluasi," ucapnya.

Ketua TPPS Kabupaten Kayong Utara, Effendi Ahmad menyampaikan, sudah merumuskan program inovasi dalam mengatasi stunting dengan pendampingan keluarga konsumsi spirulina

"Kita ada pilot project yaitu pemberian algae, makanan tambahan kepada anak, kurang lebih 60 anak, yang nantinya kita coba, akan kita tes berdasarkan dari beberapa daerah yang kita ketahui dengan memakan algae ini pertumbuhan bagus, nafsu makan meningkat sehingga bisa mencegah stunting," jelsanya.

Di sisilain, dipastikan TPPS terus melakukan koordinasi sampai ke tingkat desa untuk melakukan aksi nyata penanganan stunting.

“Untuk itu, kita menurunkan program-program yang ada di Kabupaten dan tidak boleh ego sektoral terutama dalam hal ini penurunan stunting," katanya.***

Leave a comment