Wabub Farhan Buka Pagelaran Seni dan Budaya Robok-Robok

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang menggelar seni budaya robok-robok, di Kelurahan Kauman, Kecamatan Benua Kayong, pada Rabu (13/9/2023).

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 13 sampai tanggal 15 September 2023 ini dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Ketapang Farhan.

Dikatakan Farhan, acara robok-robok ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan masyarakat Kabupaten Ketapang setiap akhir Rabu dari bulan Safar, untuk memanjatkan doa tolak bala yang mana diyakini hari diakhir bulan Safar Allah SWT turun 3200 bala malapetaka.

"Hari ini kita tidak bisa melaksanakan kegiatan robok - robok itu pada substansi yang sebenarnya saja, namun dengan demikian kita bisa mengkolaborasikan dengan kegiatan-kegiatan lain, seperti hari ini," ujarnya.

Lebih lanjut, Farhan mengajak agar terus melestarikan budaya-budaya lain sebagaimana melestarikan robok - robok.

"Saya senang Kelurahan Kauman ini masih bertahan penduduk dan budaya aslinya. Jadi kita harus mampu mempertahankan budaya ini, karena dengan budayalah yang bisa mempersatukan kita," pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Ketapang Junaidi Firrawan, mengatakan untuk tahun 2024 kegiatan robok-robok ini telah dijadikan kalender tetap Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

"Kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat agar kegiatan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Ketapang dapat berjalan sesuai target yang ditetapkan," jelasnya.

Junaidi juga menuturkan, bahwa kegiatan seni dan budaya robok -robok ini merupakan salah satu upaya dan langkah strategis pemerintah Kabupaten Ketapang dalam mengimplementasikan 10 proyek strategis daerah yang dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang.

"Untuk tahun 2024 dan seterusnya kami mengharapkan kegiatan ini tidak hanya tersebar di 14 titik kabupaten Ketapang saja, tetapi seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Ketapang akan kita fasilitasi melalui APBD Kabupaten Ketapang," pungkasnya.

Selanjutnya dalam kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu. Selain itu diadakan prosesi mandi safar.

Kegiatan tersebut bertambah meriah karena panitia acara menyediakan undian doorfrize dan hadiah menarik bagi masyarakat yang hadir.

Tak lupa juga dalam suguhan acara robo-robo ini dihidangkan salah satu makanan khas Ketapang yaitu Ketupat Colet.***

Leave a comment