Mahfud MD Siap Dampingi Ganjar di Pilpres 2024, Megawati Berikan Julukan Pendekar Hukum dan Pembela Wong Cilik

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Penantian nama cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 sudah resmi diumumkan. Partai PDI Perjuangan (PDIP) menunjuk Mahfud MD sebagai Calon Wakil Presiden.

Dalam pengumuman itu, seluruh hadirin bersorak gembira tatkala Megawati Soekarnoputri menyebut Mahfud MD yang akan menjadi Cawapres dari Ganjar di ajang Pilpres 2024 nanti.

Acara penunjukan Mahfud MD oleh PDIP yang akan mendampingi Ganjar ini bertempat di kantor DPP PDIP, Jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta, pada Rabu (17/10) pagi tadi.

Dalam kesempatan itu, Megawati mengungkapkan alasan kenapa partai yang diasuhnya sangat percaya terhadap Mahfud. Terdapat beberapa faktor pilihan PDIP jatuh kepada pria yang menjabat Menko Polhukam ini.

Salah satu yang paling menonjol dari Mahfud dalam gambaran Megawati, yakni pria kelahiran Madura ini sangat ahli dalam bidang hukum. Putri dari Proklamator Indonesia ini pun menjulukinya sebagai 'Pendekar Hukum'.

Tidak hanya paham dan ahli dalam masalah hukum saja. Megawati juga menjelaskan, sosok Mahfud sangat tegas dan kerap membela rakyat kecil (Wong Cilik).

Oleh sebab itu, dirinya sangat tertarik terhadap Mahfud MD. Kemudian, partai yang diasuhnya juga telah mempertimbangkan pria yang masih aktif sebagai Menko Polhukam ini.

"Prof Mahfud juga dikenal rakyat sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik," kata Megawati di DPP PDIP, di Jl. Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (18/10).

Dalam pengumuman nama calon cawapres dari kubu Ganjar ini, Megawati juga sempat berbicara langsung dengan Mahfud. Topik diantara mereka berdua ini tidak jauh dalam masalah hukum, dan prihatin kalau penegakan hukum tumpul di satu sisi.

"Saya bilang sama beliau, ya ini hukum ini jangan terus semuanya pada bungkam, saya bilang sama beliau. Ya untuk apa ada aturan hukum kalau semuanya pada diam? Ayo pak kita ngomong pak," terang Megawati.

Mantan Presiden RI ke-5 ini juga berharap kepada Mahfud, agar kehadirannya bisa membantu dirinya ketika menghadapi diskriminasi.

"Saya dulu rasanya sepi sendiri, karena kalau saya ngomong terus wartawan langsung bully. Sekarang ada Pak Mahfud nih, belain saya ya," ujarnya.

Terkait langkah kedepannya. PDI Perjuangan dan seluruh partai koalisi yang berdiri di barisan sama, sangat yakin bahwa pasangan Ganjar-Mahfud dapat memenangkan Pilpres dalam agenda Pemilu 2024 mendatang.

Megawati pun meminta kepada masyarakat agar dapat mendukung kedua calon tersebut. Hal itu bertujuan agar Indonesia bisa menjadi Negara sejahtera.

"Dan tentunya apa yang telah dikatakan kita akan bersama menjadi partai berempat yang akan mengusung Pak Ganjar Pranowo dan Pak Mahfud untuk insyaallah dengan pertolongan dari Allah SWT dan rakyat Indonesia kemungkinan maka kedua dapat dijadikan presiden dan wakil presiden," ujarnya.

Tak berselang lama kemudian, terlihat Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sama-sama berdiri berdampingan di podium. Mereka menyambut para peserta acara dengan bangga dan berbesar hati. (Dzikrullah) ***

Leave a comment