PLN Kalbar Gelar Forum Diskusi Bersama Stakeholder Tingkatkan Pemahaman Keselamatan Kelistrikan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - PLN Kalbar gelar forum diskusi membahas tentang keselamatan ketenagalistrikan bersama stakeholder melibatkan TNI-Polri, instansi terkait dari Pemerintah Kota Pontianak dan Kubu Raya, Rabu (28/12/2023).

Senior Manager Distribusi PLN Kalbar, Sumarsono, menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan partisipasi dan kepedulian masyarakat terhadap keselamatan ketenagalistrikan khususnya yang berada di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Jaringan listrik itu tidak semuanya berada di lingkungan kerja PLN, lebih banyak berada di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

“Makanya, kalau bicara tentang keselamatan ketenagalistrikan, maka perlu partisipasi dan kepedulian masyarakat, dan InsyaAllah persoalan kejadian terkait keselamatan ketenagalistrikan nihil,” sambung Sumarsono

Menurutnya, forum keselamatan ketenagalistrikan ini merupakan bagian dari upaya PLN untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat agar masalah keselamatan ketenagalistrikan menjadi penting untuk dilaksanakan bersama.

Menghindari bahaya listrik di sekitar tempat tinggal dapat dilakukan dengan cara menghindari penggunaan colokan listrik bertumpuk, jauhkan peralatan listrik dari jangkauan anak-anak, tidak bermain disekitar gardu listrik, serta pastikan seluruh peralatan listrik sudah berstandar SNI.

“Dan yang tak kalah penting, instalasi rumah sudah memiliki Sertifikat Layak Operasi (SLO)," ujar Sumarsono.

Ia berpesan, masalah keselamatan ketenagalistrikan merupakan tanggung jawab bersama, bukan PLN saja. Masyarakat harus turut berperan aktif.

"Listrik ini milik kita bersama, karena kita juga yang menikmatinya. Ayo kita bersama-sama menjaganya agar aktivitas yang kita lakukan dapat berjalan dengan baik, aman, dan lancar," kata Sumarsono.

Demi menghindari padamnya listrik Sumarsono mengimbau masyarakat untuk tidak bermain layangan di dekat jaringan listrik dan meminta masyarakat untuk merelakan tanam tumbuh yang tersentuh jaringan listrik untuk dilakukan pemangkasan demi keselamatan dan kenyamanan bersama.

Terkait Keluhan dan gangguan listrik pelanggan dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile dan Kontak Center (kode area) 123.

Sumarsono juga menyampaikan, dalam menghadapi natal dan tahun baru serta Pemilu 2024, PLN telah melakukan persiapan dari apel siaga personel dan peralatan sampai ketersediaan pasokan listrik di Kalbar untuk menghadapi Pemilu 2024 nanti.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Firdaus Zar'in, menyampaikan apresiasi kepada PLN atas layanan serta respon yang cepat  dalam menindaklanjuti keluhan pelanggan.

Ia meminta agar saat Pemilu 2024 nanti listrik jangan sampai padam  karena akan menjadi sumber fitnah  terutama pada saat perhitungan suara nanti.

Firdaus juga menghimbau kepada PLN untuk selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yang berkepentingan agar masyarakat tidak bermain layangan di dekat jaringan listrik yang menyebabkan padamnya listrik.***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment