Aksi Heroik Personel Satlantas Polres Kubu Raya, Ganjal Bus Mogok dengan Motor Pribadi Cegah Kecelakaan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Aksi heroik personel Satlantas Polres Kubu Raya, bernama Bripda Novandro patut mendapat apresiasi.

Bagaimana tidak, ia rela mengorbankan kendaraan pribadinya untuk mengganjal bus angkutan umum yang mogok saat menanjak di atas jembatan Kapuas Dua, Kubu Raya, Sabtu (30/12/23) pagi.

Aksi Novandro itu, mirip yang dilakukan Ipda Tatang Rosyadi, 2019 lalu. Kesigapan Nivandro berhasil menghentikan bus angkutan melorot, dan mencegah kecelakaan beruntun di kaki Jembatan Kapuas II.

Novandro mengatakan, saat kejadian, ia tengah bertugas mengurai lalu lintas jalan di simpang empat Desa Kapur.

Sumber kemacetan dikarenakan satu unit Bus Damri yang mogok yang mengalami kerusakan sehingga tak mampu menanjak. Namun, ia mendapati gerak mundur bus Damri ke belakang. Kejadian ini kontan membuatnya panik.

Tak pikir panjang, Novardo langsung berinisiatif merebahkan kendaraannya tepat di ban belakang bus. Tujuannya agar gerak mundur bus terhenti dan tidak menabrak mobil tronton Pertamina yang mengangkut BBM dan kendaraan lain di belakangnya.

"Saat melihat bus bergerak mundur ke belakang saya langsung mengambil motor dan langsung saya baringkan tepat di ban belakang, sehingga gerak mundurnya terhenti, di mana dibelakang bus tersebut terdapat 1 unit Mobil Tronton Pertamina pengangkut BBM," kata Novardo.

Novandro mengatakan, langkah itu dilakukan agar tidak terjadi kecelakaan beruntun dan menimbulkan korban jiwa. Namun, akibat kejadian ini motor pribadinya Yamaha N-MAX alami ringsek.(andi)***

Leave a comment