PLN Ketapang Jamin Pasokan Listrik Kondusif Saat Perayaan Lebaran Idulfitri

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - PLN Ketapang menjamin, pasokan listrik saat ini kondusif. Sehingga masyarakat bisa menggunakan listrik dengan maksimal saat lebaran Idulfitri yang tinggal sepekan.

Manajer PLN Ketapang, Vicky Reandry Faradian menegaskan, pihaknya terus melakukan kegiatan-kegiatan teknis untuk meningkatkan kualitas pasokan listrik.

"Saat ini kondisi sistem kelistrikan di Kota Ketapang, Kayong Utara dan sekitarnya cukup kondusif," ujarnya belum lama ini.

Vicky menjelaskan, daya mampu mesin pembangkit PlN Ketapang saat ini sebesar 50 MW, sedangkan beban puncak tertinggi kebutuhan listrik masyarakat rata-rata sekitar 38 MW.

"Karena itu, kami memastikan siap mendukung seluruh aktivitas kelistrikan masyarakat selama bulan Ramadhan dan perayaan Idulfitri mendatang," ungkap Vicky.

Menurutnya, di momentum Ramadhan dan lebaran Idulftri pasti terjadi peningkatan pemakaian energi listrik oleh masyarakat. Namun peningkatan itu tidak begitu signifikan. Sehingga ketersediaan daya mampu mesin pembangkit masih cukup memadai.

PLN UP3 Ketapang sendiri, saat ini melayani 162.259 pelanggan, yang tersebar di dua kabupaten, yakni Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara.

"Harapannya, kondisi listrik kita terus stabil. Supaya masyarakat dapat melakukan aktivitas ibadah dengan khusuk dan menikmati momen berkumpul bersama keluarga dan kerabat tanpa terganggu dengan listrik padam," harapmua.

Untuk memastikan pasokan listrik aman selama perayaan lebaran, PLN Ketapang akan memaksimalkan operasional mesin pembangkit, dan menyiapkan alat pendukung lainnya.

Seperti menyiagakan 63 unit kendaraan roda empat dan roda dua, untuk operasional petugas teknik di lapangan, menyiagakan genset mobile sebanyak 13 unit, dan menyiagakan 4 unit gardu bergerak.

Selain tim khusus siaga melibatkan 36 petugas pelayanan teknik, 49 orang karyawan PLN yang tersebar di 5 posko siaga akan standby memberikan layanan selama 24 jam, yang dibagi dalam 3 shift untuk menjaga keandalan pasokan listrik.

"Maka, bagi pelanggan yang mengalami gangguan listrik di rumah atau di lingkungan tempat tinggal masing-masing dapat melaporkan lewat aplikasi PLN Mobile, dan petugas kami akan segera menindaklanjutinya," pungkas Vicky.***

Leave a comment