Maju Nyaleg, Ketua KPU Kapuas Hulu dan Kayong Utara Mengundurkan Diri

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemilihan legislatif atau Pileg tahun 2024 tak hanya menjadi magnet bagi kalangan politisi lokal meraih kekuasan.

Bahkan, beberapa penyelenggara Pemilu, sekelas komisioner KPU kabupaten di Kalimantan Barat, juga kepincut mencalonkan diri sebagai calon legislatif atau caleg.

Ketua KPU Kabupaten Kapuas Hulu Ahmad Yani dan Ketua KPU Kabupaten Kayong Utara Rudi Handoko misalnya. Keduanya undur diri karena memutuskan akan nyaleg di daerahnya masing-masing.

Ahmad Yani mendaftar menjadi caleg dari partai NasDem. Ia maju dari dapil tiga meliputi Kecamatan Boyan Tanjung, Pengkadan, Hulu Gurung, Jongkong, Selimbau dan Bunut Hilir.

Surat pengunduran Ahmad Yani pun dilaporkan sudah dikirim ke KPU Kalbar. Sementara, Rudi Handoko mencalonkan diri sebagai wakil rakyat dari Partai Golkar. Ia daftar maju dari dapil tiga meliputi Teluk Batang, dan Seponti.

Ketua KPU Kalbar, Ramdan membenarkan kabar tersebut. Saat ini, pengunduran kedua Ketua KPU kabupaten itu sudah diterima dan dilaporkan ke KPU RI.

"Sudah ada PLT-nya," kata Ramdan kepada Insidepontianak.com, Minggu (7/5/2023).

Untuk Plt Ketua KPU Kapuas Hulu, kini ditugaskan kepada Yusuf. Sementara Plt KPU Kabupaten Kayong Utara ditugaskan kepada Elffian.

Ramdan juga memastikan, pengunduran keduanya tak akan mengganggu tahapan Pemilu yang berjalan. (andi)

Leave a comment