Karhutla di Rokan Hilir, BPBD Riau Kerahkan Helikopter Padamkan Api

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PEKANBARU, insidepontianak.com - Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla melanda sejumlah wilayah di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Sabtu (27/5/2023).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau pun mengerahkan dua unit helikopter untuk memadamkan Karhutla tersebut.

"Tim sedang berusaha memadamkan api dan belum ada perkembangan, karena sinyal internet di lokasi karhutla juga jelek untuk berkomunikasi," kata Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal dikutip dari Antara.

Edy mengatakan kondisi kebakaran hutan dan lahan di Pasir Limau Kapas, itu terisolasi, sulit diakses jika melakukan pemadaman api melalui jalan darat, sehingga harus diupayakan melalui udara.

Karena itu, katanya, selain mengerahkan helikopter, pihaknya juga melakukan pemadaman melalui Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan menyemai garam di langit.

Untuk penyemaian garam di langit Riau dalam sekali penyemaian mencapai 800 kg sampai 1.000 kg. Wilayah yang disemai berada di kabupaten yang kering dan rawan terjadi kebakaran.

"Terutama wilayah pesisir, seperti di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Bengkalis, Dumai, dan Rokan Hilir (Rohil)," lanjut Edy.

Pihaknya juga berharap hujan yang turun mampu membasahi lahan kering, sehingga bisa mencegah kebakaran.

BMKG Stasiun Pekanbaru merilis informasi titik panas terbaru di Pulau Sumatera tercatat mencapai 100 titik, yang tersebar di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) 31 titik, Sumatera Selatan (Sumsel) 17 titik, Lampung 14 titik

Berikutnya, di Bengkulu 13 titik, Bangka Belitung enam titik, Sumatera Utara (Sumut) empat titik, Aceh tiga titik, Jambi satu titik, serta Riau 11 titik.

"Di Riau terdapat 11 titik panas, semuanya di Rokan Hilir, yakni di Kecamatan Pasir Limau Kapas," kata Forecaster BMKG Pekanbaru Anggun.***

Leave a comment