Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pegawai PLN Kalbar Gelar Aksi Konservasi di Kawasan Sungai Kapuas

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ratusan pegawai PLN Kalimantan Barat gelar aksi konservasi bersih-bersih di kawasan Waterfront Sungai Kapuas, Pontianak, Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan ini turut diikuti Ikatan Bujang Dare Pontianak dan Forum CSR Kalbar. Tetapi mereka melakukan bersih-bersih di kawasan Waterfront Kapuas Indah.

Menurut General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko, kegiatan ini dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia.

"Ini merupakan wujud komitmen PLN dalam upaya turut menjaga pelestarian serta kebersihan lingkungan, khususnya di aliran Sungai Kapuas," kata Wahyu Jatmiko.

Ia menyebutkan, sesuai Instruksi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kegiatan konservasi lingkungan ini serentak dilaksanakan di 118 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Dan diikuti oleh 87 perusahaan lainnya, dengan pusat kegiatan dilaksanakan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur," katanya.

Ia pun menegaskan, PLN sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUNN, memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Selain mendorong kegiatan pertumbuhan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat, juga melaksanakan berbagai kegiatan pelestarian lingkungan, seperti yang dilakukan hari ini.

"Sebagai wujud nyata keterlibatan kami dalam mendorong peningkatan kondisi sosial dan lingkungan masyarakat, melalui program TJSL kami laksanakan kegiatan konservasi Sungai Kapuas ini, berkolaborasi  dengan beberapa stakeholder terkait," ujarnya.

Kawasan Waterfront Sungai Kapuas merupakan salah satu lokasi wisata favorit yang ada di Kota Pontianak, untuk itu kondisi kebersihannya harus benar-benar terjaga, agar terlihat bersih dan nyaman, sehingga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung kesana.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Pontianak, Syarif Usmulyono, mewakili Wali Kota Pontianak mengapresiasi kegiatan konservasi lingkungan Sungai Kapuas yang diprakarsai oleh PLN.

Menurutnya, menjaga kebersihan lingkungan khususnya di kawasan Waterfront Sungai Kapuas ini merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

"Saya berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan BUMN lainnya, perusahaan swasta, dan institusi lainnya, agar semakin banyak elemen masyarakat yang turut peduli terhadap kebersihan lingkungan, khususnya di kawasan Waterfront Sungai Kapuas ini," ucap Usmulyono.

Kegiatan ini juga diharapkan menginspirasi masyarakat yang berada di bantaran Sungai Kapuas untuk peduli dan menjaga kebersihan  Sungai Kapuas, minimal tidak membuang sampah ke sungai.

Selain Ikatan Bujang Dare Pontianak dan Forum CSR Kalbar, kegiatan konservasi bersih-bersih kawasan waterfront Sungai Kapuas ini juga diikuti oleh Keluarga Besar Fakultas Kedokteran Untan,Duta Maritim Indonesia, Duta Lingkungan Hidup Kota Pontianak.

Selanjutnya ada juga Duta HIV Kalimantan Barat, Gegei dan Memei Kota Pontianak, Bujang dara Gawai Dayak Kalimantan Barat, Gerakan Senyum Kapuas Pontianak, Generasi Pesona Indonesia Kalimantan Barat, Purna Paskibraka Indonesia Kota Pontianak, Forum Komunitas Hijau Pontianak, dan Sangsakha Kalbar.***

Leave a comment