Dua Ekor Pesut Terdampar di Pantai Tambak Rawang Kayong Utara

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Dua ekor pesut berjenis orcaella brevirostris ditemukan warga terdampar di Pantai Tambak Rawang, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Minggu (18/6/2023) sore.

Hewan mamalia yang sering disebut lumba-lumba air tawar itu tergolong dilindungi. Untung dua pesut itu hidup dan berhasil digiring oleh warga ke tengah laut.

Kepala Resort Sukadana dan Karimata, SKW I Ketapang, Balai KSDA Kalimantan Barat Agustinus Batubara menyebut, timnya juga ikut tueun menyelamatkan dua mamalia tersebut bersama warga.

Menurutnya, dua pesut tersebut terdampar sekitar pukul 10.37 WIB. Informasi didapat dari pihak Polres Kayong Utara.

"Setelah mendapat informasi, petugas ke lokasi untuk verifikasi di lapangan. Ternyata satwa pesut tersebut sedang dilakukan proses pelepasan dengan cepat ke laut," terangnya.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat untuk dapat melaporkan apabila menemukan pesut maupun jenis mamalia laut lainnya bila terdamlar di pantai, supaya bisa segera diselamatkan.

"Kepada masyarakat kalau menemukan hal yang sama agar melapor kepada petugas,"pesannya.

Peristiwa pesut terdampar itu pun sempat diabadikan warga lewat video. Menyebar di media sosial.

Seketika warga sekitar pun datang ke lokasi untuk melihat secara langsung dan memegang pesut tersebut, sebelum dievakuasi ke tengah laut.***

Leave a comment