Peringati HUT ke-16 Pemkab Kayong Utara, Bupati Citra Sampaikan Capaian Pembangunan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi atau HUT yang ke-16 tahun, Senin (26/6/2023).

Upacara tersebut dipimpin langsung Bupati Citra Duani. Di momen ini, ia menyampaikan sejumlah capaian pembangunan yang telah diraih.

Di antaranya, belasan desa tertinggal sudah berhasil ditingkatkan menjadi desa mandiri. Bahkan, tercatat saat ini sudah tidak ada lagi desa yang berstatus sangat tertinggal, dan tertinggal.

"Pencapaian desa mandiri sebanyak 18 desa serta berhasil menuntaskan desa tertinggal dan sangat tertinggal menjadi 0 desa," ungkap Citra Duani.

Selain itu, ia juga menyampaikan, Indeks Pembangunan Manusia atau IPM Kayong Utara juga meningkat, di angka 63,81 point.

Selanjutnya, pembangunan mengalami perkembangan dan kemajuan. Ini bisa dilihat dalam beberapa indikator makro.

Seperti angka ekonomi meningkat 5,30 persen, angka kemiskinan menurun 9,04 persen, dan angka pengangguran turun 3,10 persen

Setidaknya, itulah capaian yang sudah terjadi di usia Kabupaten Kayong Utara yang kini menginjak 16 tahun. Bupati Citra berharap momentum HUT ini dimaknai untuk memotivasi membangun daerah lebih baik ke depan.

"Semoga di hari jadi ke-16 Kabupaten Kayong Utara menjadi spirit bagi kita semua dan sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Kayong Utara tahun 2019-2023, yaitu beriman, berbudaya, berdaya saing, seimbang, sejahtera dan aman, maju dan sejahtera," katanya.

Tak lupa, Bupati Citra Duani, juga mengajak seluruh pihak untuk terus berinivasiagar terjadi peningkatan daya saing daerah.

"Dengan begitu, produk yang dihasilkan terkoneksi secara langsung dengan sumber daya yang saling menguntungkan. Intinya bahwa antara Pemerintah Daerah, para pelaku usaha dan masyarakat saling terkait, saling tergantung satu sama yang lainnya," ucapnya.

"Daya saing suatu daerah sangat dipengaruhi oleh iklim kondusif, keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif," lanjutnya.

Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kayong Utara ini, turut diikuti Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson, Unsur Forkopimda Kayong Utara, seluruh jajaran Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

Di akhir kegiatan, Bupati Bupati Citra turut menyerahkan berbagai penghargaan kepada putra dan putri daerah yang berprestasi secara simbolis.***

Leave a comment