Lomba Sumpit Meriahkan HUT RI di Kabupaten Ketapang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - Sekda Ketapang Alexander Wilyo menggelar lomba sumpit tradisional di halaman rumah kediamannya, Gang Kelapa Gading Jalan S Parman, Sabtu (19/8/2023).

Lomba tersebut dalam rangka memeriahkan HUT ke 78 Republik Indonesia. Ada tiga kategori yang diperlombakan, yakni kategori putra jarak 25 meter, kategori putri jarak 20 meter dan kategori anak-anak dengan jarak 15 meter. Sebanyak 82 peserta ikut berpatisipasi.

Alexander Wilyo yang juga bergelar Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik itu mengatakan, lomba ini sebagai salah satu upaya menjaga tradisi leluhur Dayak. Zaman dahulu senjata tradisional ini menjadi andalan nenek moyang ketika berburu di hutan.

"Lomba sumpit ini saya juga dedikasikan dalam rangka HUT ke 78 kemerdekaan Republik Indonesia," ucapnya.

Alex menginginkan, lomba sumpit Kepatihan Jaga Pati akan digelar secara rutin setiap tahun dan dilaksankan lebih meriah. Dirinya juga berencana bakal melibatkan penyumpit andalan se Kalimantan Barat.

Pada kategori putra, Gabriel dinobatkan sebagai pemenang. Peraih juara satu sumpit Kalbar tahun 2023 itu berhasil mengumpulkan nilai 420.

Kategori putri dimenangkan oleh Venita, ia mampu membidik target dengan total nilai 320. Sedangkan pada kategori anak-anak dimenangkan oleh Nando dengan nilai 375. "Selamat kepada para pemenang kejuaraan sumpit Kepatihan Jaga Pati dalam rangka HUT ke 78 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023," pungkasnya.***

Leave a comment