Erwin Sudrajat Dilantik sebagai Pj Sekda Kayong Utara

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya melantik Erwin Sudrajat sebagai Pj Sekda Kayong Utara, Selasa (26/9/2023).

Erwin sebelumnya menjabat sebagai Asisten Sekda bidang Pembangunan Sekretariat Daerah.

Pelantikan Erwin sebagai Pj Sekda Kayong Utara, digelar di Aula Istana Rakyat, Sukadana. Romi berharap, Pj Sekda dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Sebagai ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah atau TIPD, Pj Sekda diminta fokus mengendalikan kebijakan fiskal mengingat persoalan inflasi sedang menggangu stabilitas perekonomian.

"Memang, salah satu penyebab ketertinggalan kita itu kemampuan fiskal yang relatif rendah. Jadi bukan SDM lagi. Persoalan ini harus menjadi perhatian serius kita," ucap Romi.

Menurutnya, sampai hari ini kontribusi PAD Kayong Utara terhadap APBD pun hanya 5 persen. PAD Kayong Utara menjadi terendah di Kalbar.

Artinya, lanjut Romi, kondisi ini menunjukan tugas-tugas umum kepemerintahan dan pembangunan di Kayong Utara belum berjalan dengan maksimal.

"Ketergantungan kita kepada pemerintah pusat masih besar," ujar Romi.

"Oleh karena itu, apabila ada gonjang ganjing perekonomian nasional seperti dampak pandemi Covid, kita yang terdampak paling parah mungkin di lingkungan Pemprov Kalimantan Barat," lanjutnya.

Persoalan-persoalan inilah yang harus di manajemen oleh Pj Sekda supaya terjadi perbaikan.

Selain itu, Pj Sekda juga diminta fokus melakukan proses finalisasi evaluasi APBD Perubahan Tahun Anggaran 2023 serta Pembahasan APBD murni Tahun Anggaran 2024.

"Kondisi tentunya memerlukan kerja keras kita semua," pesannya.

Karena pelaksanaan APBD Perubahan hanya memiliki waktu tiga. Artinya selama tiga bulan ini, seluruh kegiatan yang dibiayai APBD Perubahan harus tereksekusi tepat waktu.

Karena itu, administrasi dan perencanaannya mesti dipersiapkan dengan baik. Agar pelaksanaan program berjalan sesuai target.

"Terkait tugas utama ini maka sosok seorang Sekda harus mampu berperan sebagai komunikator, koordinator, fasilitator, dinamisator dalam konteks ini," tutur Romi.

"Tentunya, saya berharap kepada Bapak Erwin Sudrajat dapat melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab," Pesan Romi.***

Leave a comment