Gus Dur Trending X pasca Cak Imin Sambangi Kediaman Habib Rizieq: Luka Lama Menguap Kembali

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Nama Almarhum Gus Dur trending di X, pasca Bacawapres Muhaimin Iskandar menyambangi kediaman Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta mendampingi Bacapres Anies Baswedan, Rabu (29/9/2023).

Kolom trending X dengan tagar Gus Dur dipenuhi tanggapan atas pertemuan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Anies Baswedan dengan Habib Rizieq.

Petikan kalimat-kalimat bijak Gus Dur pun kembali bermunculan, termasuk juga kenangan publik terhadap konflik yang terjadi antara pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu dengan Cak Imin dan Habib Rizieq.

Publik penasaran akan sikap Cak Imin yang menemui Habib Rizieq, sosok yang pernah menghina fisik Gus Dur di masa konflik lalu dan sempat menyebabkan kemarahan masyarakat pendukung PKB saat itu.

Dan kini, Cak Imin justru duduk di samping Habib Rizieq dengan wajah yang penuh gembira bersama Anies Baswedan. Ketiganya bahkan kompak mengenakan baju dengan warna yang senada yakni warna putih.

Potongan video penolakan putri Gus Dur, Yenny Wahid juga beredar di kolom trending X. Diunggah oleh akun Kadal Buntung, video yang juga beredar di TikTok itu berisi pernyataan Yenni terhadap Bacawapres Cak Imin.

"Kita tetap baik dengan Pak Prabowo, tapi mungkin akan susah mendukung Pak Prabowo menjadi presiden kalau pendampingnya adalah Cak Imin," tegas Yenni dilansir Jumat (29/9/2023).

Lebih lanjut dia mengatakan, jika hanya sekadar mendukung tidak akan jadi masalah.

"Bagi kami susah, PKB Gus Dur terlalu lama, terlalu dalam yang sudah terjadi. Gus Dur pendiri partai, orang yang dikatakan Cak Imin sebagai guru politiknya malah dikudeta, apalagi rakyat. Susah kan mau milih pemimpin seperti itu nanti," ungkap Yenni.

Masalah kudeta ini menjadi bagian yang tidak terlupakan oleh PKB, meskipun Cak Imin mengaku kepada awak media, justru dia yang dikudeta.

Namun yang jelas pro dan kontra opini publik menguap di kolom trending X, sorotan yang ditujukan kepada Cak Imin ini setidaknya mendominasi tanggapan kontra atas sikap Cak Imin yang mau datang ke kediaman penghina Gus Dur.

Pengguna X lain dengan akun Gus Affan Alfayed juga mengaku dalam cuitannya, jika dia masih ingat kalimat Habib Rizieq untuk Gus Dur.

"Masih terngiang jelas di telingaku, hinaan pak rizik terhadap almarhum Gus Dur,,'buta mata buta hati'," cuitnya di X.

Melansir berbagai sumber, Jumat (29/9/2023), Cak Imin sendiri mengungkapkan, kehadirannya di kediaman Habib Rizieq bukanlah membicarakan hal yan penting. Cak Imin mengaku datang untuk menghadiri pernikahan putri Rizieq.

Soal pesan yang disampaikan Rizieq dalam pertemuan itu saja disebutkan Cak Imin tak ada kesempatan, karena suasana yang ramai.

“Belum sempat, enggak sempat (bicara), ramai, enggak ada pembicaraan apa-apa," pungkas Cak Imin. (Adelina). ***

Leave a comment