Tak Kalah Saing dari Daerah Lain, Herzaky: Mari Jaga dan Lestarikan Batik Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com - Batik khas Kalimanyan Barat yang ada saat ini dan sudah dikenal luas di masyarakat.

Politisi nasional asal Kalimantan Barat, Herzaky Mahendra Putra mendorong pemerintah untuk terus mendukung dan mengembangkan batik khas Kalbar.

Herzaky, yang merupakan Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat di tingkat pusat, menilai jika batik Kalbar tidaklah kalah saing dengan batik-batik dari daerah lain, khususnya batik yang berasal pulau jawa.

Setidaknya, ada 4 motif batik dari Kalbar yang sudah dikenal luas dan sering digunakan masyarakat, yaitu motif batik corak Insang, corak Tidayu, corak Dayak, dan Awan Berarak.

"Batik khas Kalbar ini punya daya tarik sendiri. Tidak kalah saing dengan batik dari pulau Jawa yang memang sudah sangat populer," jelas Herzaky.

"Tinggal dikembangkan lagi secara maksimal, baik dari sisi motif, produksi, penyebarannya, maupun promosinya, agar batik khas Kalbar mudah diperoleh dan bisa diterima pasar nasional, bahkan internasional," tambah pengurus DPP Majelis Adat dan Budaya Melayu Kalbar 2023-2028.

Menurut Herzaky, batik di Kalbar memiliki potensi yang besar, terlebih Kalbar kaya dengan adat dan budaya. Biasanya kekayaan budaya ini menjadi inspirasi dan ciri khas dalam motif batik.

Dewan Pakar Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Wilayah Kalbar ini mendorong agar pemerintah terus menjaga dan turut mendorong pengembangan batik tulis di Kalbar dari sisi produksi, penyebaran, dan pemasaran. Sehingga ke depannya tercipta pasar yang sehat dan luas bagi para pengrajin.

Herzaky juga mengapresiasi Pj Gubernur Kalbar, Harisson yang menggunakan Batik tulis khas Kalbar dalam event 'Istana Berbatik' yang digelar Kemenparekraf RI, di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (1/10/2023) lalu.

"Semoga momentum tersebut bisa memperkenalkan batik khas Kalbar secara luas dan secara khusus memberikan semangat lebih kepada ara pengrajin, dan umumnya memperkuat kebanggaan masyarakat Kalbar menggunakan batik asal daerahnya," ujar Herzaky.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang menjaga dan melestarikan batik asal Kalbar,” tegas Herzaky yang juga sering menggunakan batik asal Kalbar dalam berbagai agenda tingkat nasional, termasuk ketika tampil di layar kaca. ***

Leave a comment