Punya Lahan Pertanian 21 Ribu Hektare, Pemkab Kubu Raya Mulai Canangkan Gerakan Tanam Padi

4 Mei 2024 11:58 WIB
Pj Bupati Kubu Raya bersama Sekda Kubu Raya melakukan gerakan tanam padi di Sungai Raya. (Antara/Prokopim Kubu Raya)

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, telah memulai pencanagnan gerakan tanam padi, di lahan pertanian Desa Parit Baru, seluas 23 hektare.

Gerakan ini, nantinya akan diikuti di seluruh desa, yang memiliki potensi pertanian, sebagai upaya mewujudkan kedaulatan pangan.

"Gerakan tanam padi ini juga salah satu program nasional untuk menuju kedaulatan pangan," kata Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman kemarin.

Ia memastikan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berkomitmen mempercepat proses penanaman padi, agar ketahanan pangan bisa diwujudkan.

Kubu Raya sendiri mempunyai luas area tanam padi sekitar 21.000 hektare. Sehingga, program gerakan tanam padi untuk sangat relevan dilakukan.

"Ini adalah wujud konkret yang kita lakukan hasil kolaborasi antara Pemkab Kubu Raya, TNI dan Polri, serta pemerintah desa dengan dukungan dari Gapoktan," katanya.

Gerakan tanam juga dilakukan sebagai langkah pencapaian percepatan luas tambah tanam (LTT) dan upaya tanggap darurat pangan akibat dampak iklim ekstrem.(Ant)***


Penulis : Antara
Editor : -

Leave a comment