17 Orang di Ketapang Meninggal Akibat HIV/AIDS Sepanjang Januari-Agustus

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang mencatat, penderita HIV/AIDS yang meninggal sejak Januari hingga Agustus 2023 sebanyak 17 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, Khairul Bahri Tambunan mengatakan, hampir setiap bulan, ada penderita HIV/AIDS yang meninggal.

"Di bulan Januari ada tiga orang, Februari ada empat, Maret ada satu orang, hanya di April saja yang tidak ada, Mei itu ada dua, Juni ada tiga orang, Juli ada dua orang dan Agustus ada dua, artinya sampai Agustus ada 17 kasus kematian,” ungkap Khairul, Rabu (4/10/2023).

Ia juga mengungkap, pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Ketapang saat ini berjumlah 94 orang. 70 laki-laki dan 24 perempuan. Penderiata Laki-laki, karena penyuka sesama jenis.

"Pasangan berisiko tinggi 11 orang dan ibu hamil tiga orang," tutur Khairul.

Menurut Khairul, jika dilihat berdasarkan usia, kasus yang kini terus dipantau dan ditanggulangi Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang tersebut masih didominasi kalangan usia 20 hingga 39 tahun.

"Tapi ada juga yang usianya 15 sampai 19 tahun, bahkan pengidap HIV/AIDS ini ada yang usianya di atas 60 tahun," sebut Khairul.

Dalam penanganan kasus HIV/AIDS, pihaknya bekerjasama dengan setiap Puskesmas dan rumah sakit, termasuk sebuah yayasan yang fokus pada penyakit tersebut untuk mendata dan memberikan pengobatan termasuk perawatan kepada pengidap HIV/AIDS.

Hal ini dilakukan guna memperkecil resiko penularan. Kendati demikian ia berpesan kepada seluruh warga untuk selalu waspada dengan virus tersebut.

"Hindari seks bebas, kalau belum menikah janganlah mencoba-coba hal yang tidak baik, kalau pasangan suami istri yang berisiko tinggi, gunakan kondom saat berhubungan," pesannya.***

Leave a comment