Lagi Musim Duren di Pontianak, Manfaatkan untuk Membuat Panganan Lezat, Sop Durian Bisa Jadi Pilihan, Ini Resepnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Durian dikenal sebagai raja buah. Sebab, selain rasanya legit dan khas, durian juga bisa diolah menjadi berbagai panganan yang lezat.

Buah durian sendiri saat ini membanjiri Kota Pontianak. Hampir semua sudut-sudut jalan raya berdiri lapak-lapak pedagang durian. Musim durian ini sudah hampir tiga bulan tak pernah putus.

Buah durian pun tak sekedar bisa dinikmati begitu saja. Tetapi bisa diolah menjadi berbagai panganan yang memanjakan lidah.

Salah satu panganan berbahan dasar durian yang sangat enak dan wajib dicoba yaitu sop durian. Berikut cara membuatnya dilansir dari akun YouTobe Heryanti TV.

Pertama, siapkan isi buah durian sekitar lima biji. Kedua, siapkan gula pasir lima sendok makan.

Ketiga siapkan susu ultra full cream 500 mili liter. Keempat, siapkan air mineral secukupnya. Kelima siapkan tepung maizena dua sendok makan. Keenam siapkan keju batang dan susu kental manis untuk toping.

Setelah bahan ini terkumpul, pembuatan sop durian siap dimulai. Berikut tahapannya:

Tepung maizena dua sendok makan dicampur dengan air secukupnya. Diaduk-aduk hingga merata. Selanjutnya, masukkan lima biji isi durian ke teflon dengan api kompor sedang.

Campurkan susu ultra full cream dan tepung maizena. Tambahkan gula lima sendok makan tadi. Diaduk lagi sampai gulanya larut dengan menggunakan api kompor sedang sekitar 5 menit sampai mendidih.

Setelah kekentalannya sesuai dengan yang kita inginkan, dan rasanya sudah pas, matikan kompornya. Salin ke wadah lain dan diamkan selama 5 menit dan masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit.

Selanjutnya sediakan es batu. Masukan isi durian sekitar empat biji. Tambahkan sop durian yang telah didinginkan tadi. Beri toping keju secukupnya, dan susu kental manis secukupnya. Sop durian pun siap dihidangkan untuk dinikmati.

Inilah resep singkat sop durian yang bisa Anda coba di saat si raja buah saat ini sedang banjir di mana-mana. Selamat mencoba!***

Leave a comment