Festival Kampung Caping 2023, Momentum Untuk Memperkenalkan Budaya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Perayaan Festival Kampung Caping 2023, merupakan acara tahunan guna untuk merperkenalkan tradisi budaya lokal dan juga tempat wisata di Kota Pontianak.

Event pengenalan budaya ini digelar di Desa Wisata Kampung Caping Kota Pontianak, yang bertepatan di tepian sungai Kapuas, pada Rabu (11/10/2023).

“Momentum ini, tidak hanya kegiatan seremonial akan tetapi memberikan kesan tersendiri terhadap siapapun terutama bagi generasi muda,” ungkap Alfian Salam Asisten Administrasi dan Umum Sekda Kalbar.

Alfian menyampaikan, festival ini menjadikan suatu motivasi, baik pemerintah maupun masyarakat untuk terus dapat mengembangkan dan melestarikan budaya maupun wisata yang ada di Kota Pontianak.

Sehingga, kelestarian budaya ini ia katakana dapat benar-benar dilakukan ditengah kondisi yang mungkin dihadapan generasi muda nantinya, akan dapat terjerumus ke dalam budaya luar.

Diharapkan apa yang dilakukan ini, juga dapat mendorong produktivitas masyarakat dalam perekonomian. Sehinga hal yang berkaitan dengan bidang usaha dapat terus, ditingkatkan dan dihidupkan melalui kegiatan ini.

“Terus menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya yang ada, dan terus di dorong untuk pengembangan budaya seperti pantun dalam event ini,” ujarnya.

Pemerintah daerah dan provinsi tentunya, dalam konteks pengembangan pariwisata akan terus dikuatkan.

“Melalui dinas pendidikan dan kebudayaan dan juga Disporapar Kalbar, terus mendorong dan memberikan dukungan terhadap pengembangan-pengembangan wisata yang ada di daerah,” ungkap Alfian.

Selain itu ia berpesan, untuk tetap menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya apapun bentuknya, terutama yang disajikan dalam festival ini.

“Tidak hanya di Kota Pontianak, akan tetapi daerah dan seluruh kabupaten/kota yang ada dikalimantan barat,” pungkasnya (Evi)***

Leave a comment