Ciptakan Pemilu 2024 Aman dan Sejuk, Deklarasi Damai Digelar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman dan sejuk di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Bertempat di Cafe Alcapone di Jalan Ilham Kecamatan Pontianak Kota Diskusi Interaktif dan Deklarasi damai dengan tema "Milenial melawan Hoax dan Politik Identitas" digelar.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (BEM IKIP-PGRI) Kota Pontianak.

Kegiatan dihadiri Yosef Harry Suyadi selaku Komisioner Bawaslu Provinsi Kalbar dan Rio Rahmadanu selaku Akademisi Alumni IKIP PGRI dengan didampingi Dwi Wahyudi selaku Ketua BEM IKIP-PGRI Kota Pontianak.

Kegiatan diikuti para mahasiswa dari Kalbar sekitar 30 orang.
Komisioner Bawaslu Provinsi Kalbar Yosef Harry Suyadi menjelaskan realita saat ini berita hoax semakin menyerbu internet, terlihat dari beberapa survey tentang wabah hoax Nasional.

"Bahwa seluruh penyebaran berita hoax tiga tertinggi berasal dari media sosial berupa Facebook, media chating dan situs web lainnya,"

Berita hoax sendiri diakuinya condong membawa dampak negatif daripada positif.

"Maka pentingnya diri kita menyaring dan mencari data yang sesuai dengan fakta sebelum menyerahkannya," urainya.

Akademisi Alumni IKIP PGRI, Rio Rahmadanu mengakui jika politik identitas adalah kegiatan politik yang berdasarkan identitas individu baik dari etnis, ras, suku, hingga agama.

"Dampak dari politik identitas juga cukup serius karena bisa menyerang golongan tertentu yang menimbulkan diskriminasi hingga radikalisme," tuturnya.

Menjelang Pemilu 2024 diproyeksikan penyebaran terhadap Hoax dan isu politik identitas akan semakin meningkat, sehingga sangat perlu diantisipasi agar persatuan dan kesatuan tetap kondusif.

"Jangan sampai kita sesama anak bangsa menjadi korban karena kepentingan salah satu individu maupun kelompok." tegasnya.

Pernyataan sikap atau deklarasi damai bersama berisi:

  1. Kami Mahasiswa Kalbar mendukung pelaksanaan Pemilu serentak 2024 yang Aman, Damai dan Bermartabat
  2. Kami Mahasiswa Kalbar dengan tegas menolak Politik Identitas, Ujaran Kebencian dan Berita Bohong
  3. Kami Mahasiswa Kalbar siap berkolaborasi dengan Stakeholder untuk mensukseskan Pemilu serentak 2024
  4. Kami Mahasiswa Kalbar berkomitmen menjaga stabilitas kamtibmas di Kalbar dengan aman, damai dan harmonis. ***

Leave a comment