Gerakan Menanam Sayur Masuk Tahap Final, Mulyadi: Agar Inflasi Terkendali

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Gerakan Menanam Sayur dicanangkan sebagai langkah Pemkot Pontianak untuk mengendalikan inflasi.

Sekretaris Daerah Kota Pontianak Mulyadi menjelaskan, pencanangan Gerakan Menanam Sayur sudah dilakukan sejak bulan Juli kemarin.

Penilaian sendiri berlangsung selama tiga bulan. Hingga kini penilaian masuk ke dalam tahap final.

Ia mengapresiasi seluruh Perangkat Daerah yang sudah berpartisipasi maupun ASN yang terjun ke setiap proses hingga memahami dengan baik makna gerakan ini.

“Inflasi sudah terkendali. Ini menjadi contoh nyata gerakan menanam sayur berpengaruh mengendalikan inflasi, khususnya yang kemarin menyumbang inflasi. Saya harap gerakan ini menjadi role model untuk selanjutnya,” terangnya, di Kantor Wali Kota.

Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Kalbar untuk seribu bibit cabai rawit waktu pencanangan.

Tak hanya itu, akademisi maupun mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura dan Fakultas Pertanian, Sains dan Teknologi Universitas Panca Bhakti ikut mengambil peran dalam Gerakan Menanam Sayur mulai dari proses pembibitan sampai panen.

Mulyadi menambahkan, para pemenang akan diumumkan saat perayaan puncak Hari Jadi ke-252 Pontianak, 23 Oktober mendatang.

“Saya mengajak masyarakat untuk juga ikut dalam gerakan ini," jelas Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Pontianak itu.

Tahap final penilaian Gerakan Menanam Sayur di Kota Pontianak terus berlanjut. Kali ini tim penilai mendatangi delapan lokasi yang masuk nominasi penilaian.

Satu diantaranya di Kantor Camat Pontianak Timur, dan tujuh orang lainnya terdiri dari dua orang anggota PKK dan lima orang ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak.

Semua peserta nominasi mempercantik setiap sudut ditempatkannya tanaman. Mereka memanfaatkan ruang sebaik-baiknya di halaman rumah masing-masing.

Gerakan ini kemudian menular tak hanya bagi ASN, tapi juga masyarakat Kota Pontianak secara luas.

Diantaranya adalah Hazizah. Peserta nominasi yang juga anggota PKK Kelurahan Siantan Hulu Kecamatan Pontianak Utara ini, menuturkan, ia bersama warga sekitar tak pernah luput untuk menanam sayur-sayuran hingga menjadi kebiasaan.

Melalui Gerakan Menanam Sayur, dirinya ingin ikut serta mengendalikan inflasi di Kota Pontianak.

"Ada lomba ataupun tidak kami selalu menanam. Biasanya saya sehabis masak pagi langsung turun bersama ibu-ibu sekitar untuk menanam," tuturnya di Gang Komplek Pemda Jalan 28 Oktober.

Di tempat berbeda, Agus Syamsiar menyebut, keikutsertaan dirinya bersama PAUD PKK Kelurahan Parit Mayor Kecamatan Pontianak Timur untuk memeriahkan Hari Jadi ke-252 Pontianak. Hiasan corak insang menjadi tema warna bangunannya.

"Bertepatan juga dengan Hari Jadi Pontianak, jadi kami warnai bangunannya dengan corak insang," katanya.

Namun lebih dari itu, seorang ASN Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kota Pontianak, Agustinah bahkan sudah mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari hasil panen cabai keriting yang ia tanam di depan pekarangan rumah.

“Pernah 7 ons, kemudian 1,2 kg. Sekali jual di warung bisa sampai Rp 45 ribu,” ungkapnya. ***

Leave a comment