Prabowo Deklarasi Bacawapres Besok, Jokowi Restui Gibran

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com – Prabowo Subianto menyampaikan, deklarasi Bacawapresnya akan berlangsung pada Senin (23/10/2023) di Jakarta.

Menurut Prabowo, rencana deklarasi ini berdasarkan persetujuan oleh seluruh partai pengusung yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Baca Juga: Gibran Temui AHY Setelah Dapat Restu Jokowi

"InsyaAllah besok deklarasi," kata Prabowo mengutip dari Antara, Minggu (22/10/2023).

Sebagaimana diketahui, nama Gibran Rakabuming Raka menguat menjadi kandidat Bacawapres Menhan tersebut.

Golkar mengusung Gibran berdasarkan hasil musyawarah lewat Rapimnas ke-II 2023, pada Sabtu (212/10/2023). Presiden Jokowi pun merestui apapun pilihan politik putra sulungnya itu.

Gibran juga sudah menghadap beberapa ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju. Di antaranya, ia sudah menemui Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Prabowo sendiri juga tidak menampik menguatnya nama Wali Kota Solo itu untuk menjadi pendampingnya. Bahkan, ia mengaku juga sudah menyampaikan hal itu kepada Presiden Jokowi.

Meski demikian, nama pengusungan Gibran masih belum final. Penetapannya akan masih menunggu kesepakatan para ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju lewat rapat pada sore ini.

"Rapatnya nanti sore. Final-nya nanti sore," ujarnya.

Ketua Umum Gerindara itu juga mengatakan pada deklarasi besok, partai koalisinya akan mengundang Gibran dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Jokowi Restui

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan mendoakan dan merestui keputusan sang anak Gibran Rakabuming Raka yang direkomendasikan Partai Golkar sebagai Bacawapres Prabowo.

"Orang tua itu tugasnya hanya mendoakan dan merestui. Karena sudah dewasa, ya jangan terlalu campuri urusan," kata Presiden Jokowi usai menjadi Pembina Upacara Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Minggu berdasarkan lapran Antara.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, telah menetapkan jadwal pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden sejak 19 sampai dengan 25 Oktober 2023.

Adapun partai pengusung bakal calon presiden Prabowo yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju atau KIM, terdiri dari enam gabungan partai politik. Di antaranya PAN, Golkar, Demokrat, Gelora, PRIMA, dan partai Garuda.***

Leave a comment