Pemkab Sambas Anggarkan Rp8 Miliar Tuntaskan Pembangunan Jalan Poros Desa Gapura

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Sambas, kembali menganggarkan untuk penuntasan pembangunan jalan Poros Desa Gapura.

Adapun anggaran yang disiapkan Pemkab Sambas sebesar Rp8 miliar. Pengerjaanya tahun depan.

Baca Juga: Bupati Satono Puji Kualitas Jeruk Madu Petani Desa Gapura

"Anggaran Rp 8 miliar pada tahun depan untuk melanjutkan pengerjaan jalan ini," ungkap Bupati Sambas Satono, Sabtu (21/10/2023)

Jalan poros Desa Gapura ini merupakan penghubung Kecamatan Sebawi. Bupati Sambas, Satono memastikan, pembangunannya mantap. Sebab, sudah sekaligus pengaspalan.

Ia menegaskan, pembangunan infrastruktur ini memang menjadi prioritasnya. Supaya akses mobilisasi angkutan masyarakat menjadi nyaman. Dengan begitu, kegiatan perekonomian bisa lebih cepat.

"Bupati Sambas memang tidak mampu menaikkan harga getah, harga jeruk, harga gabah, tetapi Bupati dapat meringankan ongkos produksi perkebunan sehingga lebih terjangkau," ucapnya.

Sebab, dengan akses jalan yang mulus, otomatis memudahkan petani mengangkut hasil panen untuk didistribusikan ke berbagai tempat penjualan.

"Dengan pembangunan akses jalan oleh pemerintah, akan membantu meringankan biaya produksi yang ada di Desa Gapura," katanya.

Karena itu, ia berharap, jalan yang sudah bagus bisa memotivasi petani Desa Gapura agar lebih produktif, dan dapat mengkombinasikan visi misi Bupati Sambas yaitu one village one product (OVOP).

"Bagaimana petani misalnya limau, bisa mengolah kulit limau dengan produk turunan lain, sehingga bisa menjadi produk yang baru," ucapnya.

Sementara itu, hasil dari pertanian juga diharapkan disisihkan untuk amal sosial. Supaya keberkahan bisa dirasakan oleh orang-orang yang membutuhkan.

"Jangan takut untuk bersedekah dan zakat kepada orang yang tidak mampu. Karena kita percaya dan yakin di dalam harta yang kita infakkan akan ada keberkahan," pesannya.***

Leave a comment