Bank Kalbar Bersama Pemkab Kayong Utara Akselerasi Sistem CMS Pemdes

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Bank Kalbar bersama Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, terus melakukan percepatan digitalisasi transaksi di pemerintah desa lewat sistem Cash Management System atau CMS.

Sistem CMS ini menjadi salah satu upaya mewujudkan pengelolaan dana desa yang baik, bersih, praktis dan terukur.

Kepala Cabang Bank Kalbar Sukadana, Bambang Ajie Siswanto memastikan, CMS akan mempermudah pemerintah desa dalam transaksi.

"Dengan adanya CMS ini, semua penggunaan dana desa terkam dengan baik. Sehingga lebih mudah untuk diawasi,” kata Bambag saat kegiatan sosialisasi CMS, yang diikti seluruh desa se-Kabupaten Kayong Utara, Rabu (25/10/2023).

Ia melanjutkan, kelebihan lain bertransaksi lewat sistem CMS lebih gampang. Sebab, pelayanannya tak terbatas ruang dan waktu.

“Cukup dari rumah, ada fasilitas internet bisa melakukan transaksi,” katanya.  

“Misalnya untuk pembayaran listrik atau pulsa. Jadi nanti kalau operasional teman-teman desa seperti pembayaran listrik gedung desa bisa difasilitasi hanya dari kantor atau rumah saja," lanjutnya.

Pj Bupati Kayong Utara Romi Wijaya, juga menginginkan semua desa di Kayong Utara sudah bisa menerapkan sistem pengelolaan keuangan menggunakan CMS.

Baginya, transformasi digitalisasi sudah seharusnya dilakukan. Agar seluruh penggunaan uang negara dilaksananan dengan penuh tanggung jawab.

"Pada intinya, sistem CMS ini untuk perbaikan mencegah resiko penyalahgunaan, itu yang penting," tegasnya.

Ia pun menyebut, dengan transaksi non tunai setiap kesalahan transaksi dapat terekam, sehingga aspek pertanggungjawaban dan penegakan integritas lebih mudah.

Karena itu, kepada kepala desa se-Kabupaten Kayong Utara diminta agar dapat melaksanakan dan merealisasikan APBDes dengan baik lewat sistem transaksi CMS.

"Ini merupakan upaya kita untuk menegakan integritas dalam tata kelola pemerintahan melalui penerapan CMS," ucapnya.***

Leave a comment