Suasana Rukun 3 Capres saat Makan Siang Bersama Jokowi: Dijamu dengan Aneka Makanan Lezat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Kecairan suasana rukun saat 3 Capres menikmati hidangan makan siang bersama Presiden Joko (Jokowi) Widodo terekam oleh kamera awak media.

Dalam kesempatan itu, ruangan makan siang yang dihadiri oleh 3 capres karena ajakan Jokowi ini sangat kontras dengan suasana politik akhir-akhir ini. Mereka akrab saling sapa, bahkan terlihat saling menyilahkan untuk mengambil lauk pauk.

Dari 3 Capres yang akan bertanding pada Pemilu 2024 nanti, tidak ada satupun yang bersikap tegang. Mereka semua membaur dalam undangan makan siang yang diadakan oleh Jokowi, pada Senin (30/10).

Berita tentang undangan dari Presiden Jokowi kepada 3 Capres ini sudah beredar sejak Minggu, (29/10) kemarin. Masing-masing dari mereka sudah bersiap, serta sangat yakin dapat menghadiri acara tersebut.

Berdasarkan undangan kepada 3 Capres ini, direncanakan akan berlangsung mulai pukul 12.00 sampai 13.00 WIB. Namun, ketiganya baru berkumpul secara bersama sejak pukul 12.30 WIB.

Ketika hendak menghadiri acara makan siang ini, nampak ketiganya berpakain kompak dan rapi. Kesemuanya mengenakan busana batik, meski setiap coraknya memiliki corak tersendiri.

Presiden RI ke-7, Jokowi duduk di sebelah kursi yang disediakan pada meja bundar. Di sisi kirinya, Capres Prabowo Subianto tersenyum lebar menghadiri makan siang.

Sedangkan pada bagian kanan Jokowi, Calon Presiden Ganjar duduk berhadapan langsung dengan Prabowo.

Sedangkan Anies sendiri, terlihat berada di posisi yang dihimpit oleh pasangan Ganjar dan Prabowo.

Dalam suasana itu, kesemuanya sedang menampakkan wajah cerah. Bahkan ketika awak media diperkenankan mengambil momen tersebut, Ganjar langsung menyapa para wartawan.

"Sudah pada makan belum?," katanya.

Beberapa saat kemudian, terdengar pula percakapan Ganjar yang menerangkan bahwa di asal kampung Prabowo, penduduk sekitar tidak menyantap nasi. Melainkan, lontonglah menjadi menu utama.

"Karena di kampungnya Pak Prabowo di Banyumas itu makannya enggak makan nasi. Tapi pakai lontong, kupat," tutur Ganjar.

Terlihat pula Jokowi mempersilahkan Capres Anies Baswedan untuk tidak ketinggalan mencicipi sayuran.

"Pak Anies, ini sayurnya ini. Kelihatannya enak," kata Jokowi.

"Iya, Pak," jawab Anies.

Mereka pun secara bergantian mulai mengisi piring masing-masing dengan nasi. Tak lupa juga, terdapat hidangan seperti Rendang, Rolade Ayam, Lontong, Rendang, dan jus jeruk komplit berada di atas meja bundar itu.

Ajakan undangan makan siang oleh Jokowi kepada 3 capres ini mendapat respon dari berbagai kalangan. Waketum NasDem, Ahmad Ali meengomentariinya dengan komentar positif.

"Ya, artinya kalau secara keseluruhan kalau kita lihat ini Pak Presiden ingin membawa pesan ke publik bahwa dia berdiri untuk semua 3 calon, ya kan," terang pia yang akrab disapa dengan Mad Ali, pada Senin (30/10).

Sedangkan bagi Tenaga Ahli Utama Kepala Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, ajakan makan siang ini merupakan wujud Jokowi untuk menetralisir suasana politik pada Pilpres 2024 mendatang.

"Sebagai kepala negara, kepala pemerintahan, penting untuk Presiden menyampaikan hal-hal yang kira-kira ikut menyejukkan kepentingan politik tanah air dalam masa-masa kampanye nanti, sosialisasi dan lain-lain," kata Ali Ngabalin, pada Minggu (29/10).

Perlu diketahui, undangan makan siang dari Jokowi yang terjadi pada hari ini hanya mengajak seluruh Calon Presiden (Capres) saja. Para Cawapres pendamping mereka tidak termasuk di dalamnya. (Dzikrullah) ***

Leave a comment