Peringati HLN ke-78, PLN Nyalakan Listrik Ribuan Rumah Warga Kurang Mampu

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Melalui program Light Up The Dream, PLN bantu nyalakan 2.266 rumah warga miskin yang tersebar di seluruh Indonesia, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka perayaan Hari Listrik Nasional ke-78 Tahun 2023.

Di Provinsi Kalimantan Barat, program Light Up The Dream dilaksanakan pada 180 rumah yang diberikan bantuan listrik secara gratis.

Kegiatan simbolis penyalaan dilakukan di rumah Ria Mariana (23), warga Desa Pal Sembilan, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, pada Hari Senin (30/10).

Sejak diluncurkan beberapa tahun yang lalu, hingga bulan Oktober 2023, program Light Up The Dream telah menyalurkan bantuan listrik gratis kepada 16.012 rumah warga miskin, yang dananya berasal dari donasi karyawan PLN di seluruh Indonesia.

Ria Mariana, mengaku bersyukur dan sangat senang atas bantuan listrik gratis yang diberikan PLN kepadanya.

"Memiliki listrik gratis di rumah merupakan impian kami selama bertahun-tahun, di tengah perekonomian yang kurang, ditambah pekerjaan suami yang hanya bekerja sebagai seorang buruh lepas, sehingga bantuan listrik gratis ini sangat membantu," ungkap Ria.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Barat, Wahyu Jatmiko, mengatakan bahwa selain PLN UID Kalbar, program "Light Up The Dream" juga didukung oleh PLN Group Kalimantan Barat, yakni: PLN UIP Kalbagbar, PLN Nusantara Power UPDK Kapuas, PLN Tarakan, PCN, PLN Icon Plus dan PLN UP3B Kalimantan, secara bersama-sama memberikan bantuan listrik gratis untuk masyarakat miskin di Kalimantan Barat.

"Program Light Up The Dream ini merupakan wujud komitmen seluruh karyawan PLN untuk peduli dan membantu masyarakat miskin untuk menikmati listrik di rumah," tutur Jatmiko.

Sementara itu, Asisten 2 Pemda Kabupaten Kubu Raya, Tri Indiastuti, mengapresiasi program yang dilakukan PLN. Menurutnya program, ini telah mampu memfasilitasi masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan listrik.

Diakuinya, Pemda Kabupaten Kubu Raya akan terus bersinergi dengan PLN UID Kalbar dalam mewujudkan program listrik gratis untuk masyarakat khususnya di Kabupaten Kubu Raya.

“Atas nama pribadi dan masyarakat serta Pemerintah Daerah Kubu Raya, saya mengapresiasi upaya teman-teman PLN yang telah menyisihkan penghasilannya untuk memberikan bantuan listrik gratis ini,” pungkas Tri Indiastuti.***

Leave a comment