Pemda Sanggau Raih Penghargaan Sehati Insitu Dari KLHK

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com --  Kabupaten Sanggau meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai Kabupaten pengelola taman kehati insitu selaku pengelola taman keanekaragaman hayati (Kehati).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Siti Nurbaya pada puncak Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2023 di Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling, Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (8/11/2023),

Mewakili Pemda Sanggau menerima penghargaan, Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau dan Kehati (RTH dan Kehati), Herlina Matana Pasinggi mengatakan, HKAN bertujuan untuk memasyarakatkan konservasi alam secara nasional sebagai sikap hidup dan budaya bangsa.

“HKAN juga sebagai upaya menjaga kesinambungan kegiatan konservasi alam sebagai upaya perlindungan sumber daya alam dan ekosistemnya sebagai sistem penyangga kehidupan” ujarnya. “

Herlina mengungkapkan, taman kehati yang ada di Sanggau selain menjadi area pelestarian tumbuhan lokal dan langka, taman kehati dengan luas sekitar 25 hektar yang dikelola DLH juga jadi objek ekowisata yang banyak di kunjungi masyarakat, yang lokasinya berdekatan dengan Area Taman Sabang Merah, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas.

“Setelah melewati berbagai penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, Sanggau mendapat penghargaan berupa sertifikat Anugerah Konservasi Alam dan Plakat Anugerah Konservasi Alam atas pengelolaan Taman Kehati Insitu, yang diberikan langsung oleh Ibu Menteri,” ujarnya.

Ia juga berharap, masyarakat Sanggau semakin menyadari akan pentingnya edukasi terkait ekosistem alam, sehingga Alam yang ada di Kabupaten sanggau dapat terjaga dengan baik.

Selain itu, penerapan pengetahuan yang inovatif tentang alam, terinspirasi dan meniru proses alam untuk memecahkan masalah sosial dan lingkungan secara efektif sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Sanggau.

“Tentunya dengan penghargaan ini akan mendorong agar kami lebih optimal menjaga kelestarian lingkungan yang ada di wilayah Kabupaten Sanggau sehingga dapat mengendalikan perubahan iklim agar tidak terjadi kenaikan temperatur, mencegah bencana serta berkurangnya polusi udara karena dapat dinetralisir, sehingga udara menjadi lebih bersih, dan kualitas air menjadi lebih baik,” pungkasnya. (ans)

Leave a comment