Pj Gubenur Kalbar Harisson Ajak Masyarakat Bersihkan Lingkungan Cegah DBD

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Gubenur Kalbar, Harisson meminta masyarakat turut peduli terhadap kebersihan lingkungan, guna mencegah peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Harrison menyampaikan, pencegahan penularan DBD dapat dilakukan melalui gerakan bersama dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk atau di lingkungan rumah masing-masing.

“Karena itu, mari kita bersama peduli peduli terhadap lingkungan sekitar untuk menekan kasus DBD,” pesan Harisson, Selasa (14/11/2023).

Menurutnya, selama Oktober hingga November ini, Dinkes Kalbar melaporkan, tercatat 70 anak terinfeksi DBD, dan 1 di antaranya meninggal dunia. Angka ini menunjukkan penularan DBD sangat tinggi. Harus menjadi perhatian bersama.

“Sarang nyamuk yang menyebabkan demam berdarah, harus kita basmi bersama. Ini cara untuk mencegah nyamuk berkembang biak, supaya kasus DBD ini bisa berkurang,” katanya.

Di sisi lain, ia meminta seluruh dinas kesehatan provinsi, kabupaten dan kita, melakukan fogging serta penyuluhan tentang pentingnya pemberantasan sarang nyamuk dan mengedukasi masyarakat mengenal tanda-tanda penderita DBD.

“Sehingga jika sudah mengetahui tandanya, pasien dapat langsung dilakukan pemeriksaan ke rumah sakit,” ujar Harrison.

Ia pun berharap, petugas kesehatan terus melakukan upaya penyuluhan kepada masyarakat tentang DBD. (evi)***

Leave a comment