Bupati Ketapang Resmi Membuka Pentas Seni Budaya Dayak ke-IX, Wadah Melestarikan Budaya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - Bupati Ketapang, Martin Rantan, secara resmi membuka Pentas Seni Budaya Dayak atau PSBD ke-IX, Sabtu (25/11/2023).

Event ini digelar oleh Dewan Adat Dayak atau DAD Kabupaten Ketapang. Berlangsung di Balai Sungai Kedang, Pendopo Bupati.

Martin Rantan mengapresiasi DAD Ketapang yang konsisten melaksanakan kegiatan ini. Baginya, event tersebut sangat penting sebagai wadah pelestarian budaya.

Adapun tema Pentas Seni Bidaya Dayak Ketapang ke-IX, yaitu ‘Hutan Simbol Persatuan’. Menurut Martin, tema ini sangat bagus untuk mentrasfer pengetahuan antar-generasi supaya mereka bisa menjadi penjaga lingkungan dan persatuan. Dalam kepercayaan sukut dayak, hutan juga menjadi bagian dari spiritualitas.

"Saat musim buah, di kampung-kampung digelar ritual adat menjangkap buah, yakni upacara syukuran atas panen buah yang dilaksanakan di tembawang atau dohas.  Tembawang atau dohas, merupakan pusat atau sumber kehidupan. Segala usaha untuk keberlangsungan hidup keluarga Dayak dari generasi ke generasi," ucap Martin.

Oleh karenanya, pada kesempatan itu, Martin mengajak DAD Ketapang, dan seluruh pihak bersama-sama menjaga hutan, tembawang, dohas yang masih tersisa, dan menanam kembali berbagai macam jenis buah-buahan, agar tembawang tetap lestari dan tidak punah.***

Leave a comment