Banjir Landa Delapan Desa di Ketapang, Ribuan Rumah Penduduk Terendam

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepomtianak.com – Banjir melanda 8 desa di wilayah Kecamatan Tumbang Titih dan Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang, Senin (27/11/2023).

Akibatnya, ribuan rumah penduduk terendam. Banjir terjadi akibat air Sungai Pawan meluap, karena tingginya curah hujan sejak sepekan terakhir.

Ketua Satuan Tugas Informasi BPDB Kalbar, Daniel menyampaikan, 8 desa yang terdampak banjir di antaranya Desa Sandai, Desa Muara Jekak, Desa Petai Patah, Desa Panjawaan, Desa Randau Jungkal, Desa Istana, Desa Demit dan Desa Alam Pakuan.

“Ada 3.120 KK yang terendam rumahnya kemudian ada 9.770 jiwa yang terdampak,” ungkap Daniel.
Menurutnya, sejauh ini masyarakat yang terdampak banjir masih memilih bertahan dengan harapan air segera surut dengan cepat.

“Saat ini tim sedang melakukan assessment ke lokasi untuk menginventarisasi jumlah penduduk dan fasilitas umum yag terdampak,” turut Daniel.

Daniel menyebut jika dalam waktu dekat banjir tidak terkendali, masyarakat diharapkan bersedia untuk dilakukan evakuasi.

“Kita menghimbau seluruh masyarakat agar tidak panik, selamatkan dokumen yang berharga dan apabila kondisi banjir ini tidak terkendali harus bersedia di evakuasi petugas,” pesannya.***

Leave a comment