Nama Ignasius Masuk Radar, DPRD Sanggau Serahkan ke Mekanisme, Pemprov Kalbar Usulkan Nama ke Mendagri

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemprov Kalbar mengusulkan nama Penjabat Wali Kota hingga Bupati yang massa jabatannya berakhir diakhir tahun 2023.

Adapun Kepala Daerah yang berakhir masa jabatannya di tahun 2023 adalah Wali Kota Pontianak, Bupati Kubu Raya, Mempawah dan Sanggau.

Nantinya empat daerah itu akan dipimpin PJ.

PJ Gubernur Kalbar, Harisson memastikan untuk Kota Pontianak pihaknya sudah mengusulkan jauh hari tiga nama kepada Kementerian Dalam Negeri.

Sebab, masa jabatan Wali Kota Pontianak akan berakhir pada 23 Desember 2023.

Adapun untuk PJ Bupati Mempawah,  Sanggau dipastikan sudah diusulkan nama-nama calon PJ yang ditanda tangani Gubernur. Jabatan tiga Bupati tersebut dipastikan berakhir pada 31 Desember 2023.

"Pelantikan kemungkinan akan dilaksanakan pada 2 Januari 2024," terangnya.

Khusus untuk nama Penjabat Bupati Kabupaten Sanggau.

Sebelumnya, Ketua DPRD Sanggau, Jumadi mengatakan usulan bakal calon Pj Bupati sudah disampaikan masing-masing fraksi. Kemudian, secara musyawarah dikerucutkan dan disepakati bersama-sama.

“Masing-masing fraksi mengusulkan tiga nama, setelah itu kita bahas bersama untuk kita tetapkan tiga nama,” ujar Jumadi.

Ia menambahkan, tidak hanya usulan dari DPRD, namun, ada juga dari gubernur dan Kemendagri juga memiliki kewenangan mengusulkan tiga nama.

Menurut sumber informasi internal DPRD Sanggau, dari tiga nama usulan, muncul nama Ignasius masuk bursa pencalonan.

Iqnasius sendiri diketahui berasal dari Kabupaten Sanggau. Saat ini ia menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalbar.

Sebelumnya ia pernah menduduki jabatan strategis di Pemprov.  Mulai dari Kepala Perpustakaan Arsip Daerah, Kepala Dinas Perhubungan hingga Plt Sekda. ***

Leave a comment