Berkah di Musim Kampanye, Pengusaha Percetakan Panen Orderan, Penjualan APK di Pontianak Naik 80 Persen

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pengusaha percetakan bak ketiban durian runtuh, di momen-momen masa kampanye Pemilu 2024.

Pasalnya, orderan cetak alat peraga kampanye atau APK meningkat tajam. Bahkan, di Pontianak, penjualan APK naik mencapai 80 persen.

"Meningkat 80 persen sejak bulan Agustus 2023," ujar Hendra Bong, salah satu pengusaha percetakan Pontianak, kepada Insidepontianak.com, Minggu (17/12/2023).

Tempat percetakan Hendra sendiri berada di depan Hotel Kapuas Palace. Menurutnya, alat peraga kampanye atau APK, paling banyak dipesan oleh para caleg-caleg. Seperti baliho, baner, spanduk hingga kartu nama.

Orderan samakin meningkat setelah masa kampanye resmi mulai KPU. Musim kampanye ini pun menjadi berkah tersendiri bagi Hendra dan pengusaha percetakan lainnya.

"Sekali pesan, caleg atau dari partai politik bisa memesan 20 hingga 50 kartu nama dengan harga yang tentatif," ujarnya.

Hendra memperkirakan, peningkatan orderan cetak alat peraga kampanye ini akan terus terjadi sampai masa kampanye berakhir. Ia pun bersyukur, Pemilu memberi dampak positif bagi geliat usaha percetakan.

Untuk diketahui, tahapan kampenye Pemilu 2024 sebagaimana yang ditetapkan KPU, telah dimulai sejak 28 November 2023 dan akan berakhir pada 10 Februari 2024.(ayu)***

Leave a comment