Harga Beras Premium di Sanggau Merangkak Naik, Harisson Minta Bulog Tebar Beras SPHP

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com – Pj Gubernur Kalbar, Harisson tinjau kegiatan operasi pasar di Pasar Seroja Kabupaten Sanggau, Selasa (19/12/2023).

Di sela-sela kegiatan itu, ia pun melakukan inspeksi mendadak atau sidak mengecek harga-harga bahan pokok. Hasilnya, ia menemukan adanya kenaikan harga beras premium.

“Tadi kita sudah memantau harga di pasar menjelang natal dan tahun baru. Untuk harga beras premium itu memang di angka Rp16.000 sampai Rp17.000,” ucapnya.

Karena itu, ia meminta Bulog segera mendistribusikan beras-beras SPHP ke pasar-pasar, supaya kenaikan harga beras premium ini bisa dikendalikan.

“Saya sudah meminta Bulog mengantisipasi dengan menjual beras SPHP. Merk-nya beras medium, tapi sebenarnya beras premium,” kata Harisson.

Ia memastikan, stok cadangan beras Bulog Kalbar masih cukup tersedia. Karena itu, stok beras ini harus segera didistribusikan, ke pasar-pasar, supaya bisa dijual dengan harga sesuai HET yang telah ditetapkan.

“Bulog memang masih banyak stok, makanya saya minta untuk terus membanjiri pasar. Kalau SPHP sesuai dengan harga yang ditetapkan, HET-nya 11.500 per kilo,” jelasnya.  

“Dengan adanya beras dari Bulog ini, kita dapat mengendalikan harga beras di pasar sehingga tidak terlalu tinggi naiknya,” sambung Harisson.***

Leave a comment