BRIN Jajaki Kerja Sama dengan Magister Fisip Untan untuk Program Pengembangan Tenaga Riset

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN jajaki kerja sama dengan Magister Fisip Untan, dalam program pengembangan tenaga riset.

Kepala Pusat Riset Kependudukan atau PRK-BRIN, Nawawi mengatakan, rencana kerja sama ini bukti nyata komitmen pemerintah untuk menghadirkan pemerataan tenaga peneliti professional di seluruh daerah.

"Karena, selama ini, peningkatan kapasitas peneliti dosen maupun mahasiswa, banyak di-share ke mereke yang ada di Jawa, tapi sedikit sekali yang ke luar Jawa," ujar Nawawi, Rabu (20/12/2023).

Karena itu, ia berharap, kerja sama ini bisa benar-benar diwujudkan. Sehingga bisa meningkatkan tenaga-tenaga peneliti di Kalimantan Barat.

"Nanti semoga di-followup dengan kerja sama lebih lanjut karna proses itu harus tetap kita lakukan untuk ke depannya agar lebih kuat," katanya.

Selain itu, Nawawi juga menyampaikan, BRIN berkeinginan membuat program kerja sama beasiswa-beasiswa untuk mahasiswa agar bisa berpraktik di bidang riset.

"Kita ingin ada mahasiswa S2 ingin berkarir di peneliti BRIN, dan dia bisa memanfaatkan program riset ini untuk lanjut S3 di-support dengan program beasiswa. Setelah S3, dia bisa jadi peneliti tanpa harus ke Jakarta," katanya.***

Leave a comment