Pemda Kabupaten Sanggau Apresiasi Khitanan Gembira Lazis Muhammadiyah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau mengapresiasi Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sanggau yang telah melaksanakan kegiatan Khitanan Gembira secara gratis untuk anak-anak Sanggau.

Sedikitnya 60 anak-anak mengikuti khitanan yang dilaksanakan pada Sabtu, 23/12/2023 pagi, di komplek sekretariat Muhammadiyah Sanggau jalan Jendral Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas.

Khairul Mauludi, Ketua Lazismu Sanggau mengatakan pelaksanakan khitanan gembira atau sunatan massal merupakan salah satu cara Lazismu memudahkan masyarakat dalam melaksanakan kewajiban dalam syariat islam.

"Khitan menjadi salah satu kewajiban di dalam syariat islam. Namun, dari sisi medis pun ternyata banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh orang yang menjalani proses khitan ini, maka dari itu acara ini kami lakukan tidak hanya mengkhususkan untuk orang islam, namun juga kepada masyarakat umum," ujar Khairul dalam sambutannya.

Manfaat khitan secara medis dapat mengurangi infeksi penyakit seksual menular seperti herves dan spilis, mencegah terjadinya penyakit fimosis, mengurangi resiko kanker pada alat kelamin dan mengurangi resiko kanker serviks pada pasangan.

Selanjutnya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sanggau, Safriansyah mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersedia berkolaborasi bersama Muhammadiyah untuk berkhidmat kepada umat.

"Kami sangat bersyukur acara ini khitanan untuk anak-anak kita bisa terlaksana dengan baik pada hari ini. Tentunya ini berkat dukungan dari, Rumah Sakit Umum Sentra Medika, Pemerintah Daerah Sanggau dan bantuan tim medis dari komunitas salam berkah Kalimantan Barat," ucap Syafriansyah.

Ditempat yang sama, Assisten III Bupati Sanggau Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat daerah (Setda), Burhanuddin mengatakan kegiatan dari Lazismu Sanggau merupakan kegiatan positif yang turut membantu masyarakat.

Untuk itu, Burhanuddin mewakili Plt. Bupati Sanggau Yohanes Ontot memberikan apresiasi kepada Muhammadiyah dan Lazismu Sanggau yang telah melaksanakan kegiatan tersebut dalam upaya mendukung program pemerintah dibidang kesehatan masyarakat.

"Kami tentunya sangat mendukung dan mengapresiasi usaha Muhammadiyah dalam berkhidmat dan membantu umat. Terima kasih juga kami sampaikan karena melalui kegiatan ini juga telah mendukung pemerintah daerah untuk memastikan kesehatan masyarakat Sanggau," ujar Burhanuddin saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan mewakili Plt. Bupati Sanggau Yohanes Ontot.
(ans)

Leave a comment