Romi Wijaya Lantik Rene Reinaldy sebagai Pj Sekda Kayong Utara

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Penjabat atau Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya melantik Rene Reinaldy sebagai Pj Sekda Kayong Utara, Jumat (29/12/2023).

Pelantikan itu digelar di Pendopo Istana Rakyat. Dihadiri seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah atau OPD, Ketua TP PKK, serta tamu undangan lainnya.

Pengangkatan Rene Reinaldy sebagai Pj Sekda dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 91 Tahun 2019 yang memberikan kewenangan kepada Gubernur untuk menunjuk Pj Sekda kabupaten/kota.

Romi Wijaya menyatakan, pelantikan Pj Sekda merupakan kelanjutan usulan internal Pemkab Kayong Utara.

"Untuk usulan yang pertama memang dari kita, 3 bulan pertama sudah dilantik Pak Erwin maka setelah 3 bulan regulasinya mengamanahkan itu dari Provinsi," terang Romi Wijaya.

Romi pun menyampaikan pesan-pesan penting terkait tugas-tugas yang akan diemban oleh Rene Reinaldy. Salah satunya, pentingnya menyiapkan laporan pertanggungjawaban APBD 2023.

"Saya berharap WTP dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan kualitasnya. Kita juga harus siap mengencangkan ikat pinggang menghadapi kondisi anggaran tahun 2024 yang mungkin lebih ketat," tegas Romi.

Dalam konteks pengelolaan anggaran, Romi menyoroti keterlambatan dalam menyesuaikan dengan target kementerian, menggarisbawahi perlunya percepatan penyerapan anggaran di tahun 2024 untuk mendukung perekonomian daerah.

Lebih lanjut Romi berbicara tentang kesiapan menghadapi potensi rasionalisasi kembali di Januari untuk menghindari defisit APBD yang dapat mengganggu stabilitas keuangan daerah.

"Saya berharap  pentingnya mempercepat penyerapan anggaran pada tahun 2024 untuk menghindari ketidakidealannya,” kata Romi.

Selanjutnya, ia menekankan bahwa dana APBD yang merupakan belanja pemerintah harus dapat mendongkrak aktifitas ekonomi di masyarakat yang pada gilirannya memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian daerah, sehingga perlu upaya optimalisasi dalam percepatan serapan anggaran.

Di tengah tantangan dan potensi perubahan, kehadiran Rene Reinaldy sebagai Pj Sekda diharapkan dapat menambah semangat dan motivasi yang positif dalam menjalankan tugas pemerintahan.***

Leave a comment