Banjir Bandang di Bengkayang, Bupati Darwis: Akibat Hujan  

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

BENGKAYANG, insidepontianak.com - Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis mengklaim pihaknya sudah melakukan antisipasi-antisipasi ancaman banjir di wilayahnya.

Ia pun menyebut, bencana banjir bandang yang kembali melanda ‘Bumi Sebalo’ pada Kamis (4/1/2024) malam akibat hujan intensitas tinggi yang menyebabkan air sungai meluap.

"Kita sudah antisipasi semuanya. Ini karena debit air naik, karena curah hujan tinggi," kata Sebastianus Darwis kepada Insidepontianak.com, Jumat (5/1/2024).

Darwis membenarkan adanya indikasi pendangkalan Sungai Sebalo. Tapi, dia mengaku tak mampu melakukan normalisasi karena beberapa masyarakat tinggal di tebing Sungai Sebalo.

"Ya sungai dangkal, tapi masyarakat berdiam di tebing Sungai, kita tidak bisa melaksanakan normalisasi sungai," katanya.

Sementara itu, ditanya lebih lanjut kapan pengerukan Sungai Sebalo terakhir dilakukan, Darwis enggan memberi tanggapan. Ia mempersilakan mengkonfirmasi kepada pihak PUPR Bengkayang.

Sebagaimana diketahui, Bengkayang merupakan daerah langganan banjir. Bahkan, sepanjang 2023, tercatat kabupaten ini delapan kali dilanda banjir, dan empat kali dilanda bencana angin putting beliung, berdasarkan data BPBD.

Data ini pun menempatkan kabupaten yang dipimpin Sebastianus Darwis itu menjadi Kabupaten langganan banjir.(andi)***

Leave a comment