Banjir Bencana Berulang, Dewan Kalbar Yuliana Dorong Pemerintah Benahi DAS

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Wakil Ketua DPRD Kalbar, Yuliana mendorong Pemerintah Provinsi Kalbat melakukan pembenahan di berbagai daerah yang menjadi langganan banjir karena pendangkalan daerah aliran sungai atau DAS. Sebab, masyarakat menunggu langkah-langkah pemerintah mengatasi banjir.

Yuliana mengatakan, bencana banjir sering terjadi di akhir tahun. Penyebabnya beragam, karena intensitas hujan yang tinggi, hingga tingginya pasar air laut. Sementara Sungai di Kalbar terjadi pendangkalan, sehingga air sungai meluap.

Menurut Yuliana, penting bagi Pemprov Kalbar untuk mengesahkan Perda Daearah Aliran Sungai. Sebab, di sana diatur kewenangan Pemprov. Perda tersebut pun sudah disahkan di tahun 2018. Tapi Peraturan Gubernur-nya belum ada.

"Kami sudah menyampaikan kepada biro hukum untuk mengesahkan Pergub Daerah Aliran Sungai agar Dinas terkiat bisa mengambil tindakan untuk pembenahan diberbagai daerah yang mengalami banjir karena pendangkalan," kata Yuliana, Kamis (18/1/2024).

Legislator Partai Gerindra ini berpendapat, masyarakat terdampak banjir selama ini selalu bertanya apa langkah yang diambil pemerintah daerah dalam rangka mengatasi banjir yang terjadi setiap tahunya. Karena itulah, penting bagi pemerintah melakukan berbagai langkah pembenahan.

Ia juga berharap, pemerintah dapat melakukan pemenuhan kebutuhan pokok kepada masyarakat terdampak banjir. Sebab, ada beberapa daerah yang terdampak banjir parah.

"Dampak banjir mereka tidak bisa melaksanakan pekerjaan sehari-hari karena menjaga tempat tinggalnya. Mereka berharap bantuan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten kepada mereka sehingga kebutuhan mereka bisa dipenuhi," pungkasnya.(andi)***

Leave a comment