Musa Abdul Hamid Ungkap Rahasia Sukses Jadikan Desa Parit Baru Maju

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, baru berdiri 14 tahun. Namun, sejumlah kemajuan nampak dari Desa ini. Termasuk inovasi yang dilahirkan. Lalu apa rahasia sukses membangun desa?

Kepala Desa Parit Baru, Musa Abdul Hamid mengatakan, Desa Parit Baru baru berdiri tahun 2011. Namun, sejumlah capaian telah didapatkan. Capaian ini menempatkan Desa Parit Baru menjadi Desa berkembang.

Jika diibaratkan anak sekolah, Desa Parit Baru hari ini sudah di level SMP dan berpikiran sebagai mahasiswa. Dia bukan lagi anak kecil, yang baru berjalan merangkak dan tertatih-tatih.

"Kita di usia baru 13 tahun, bukan seperti anak kecil yang baru berjalan tertatih. Kita sudah bisa berlari dan meninggalkan desa yang sebelumnya berlari," kata Musa Abdul Hamid, Kamis (29/2/2024).

Menurut Musa, kunci kemajuan pembangunan desa dengan hal sederhana. Pemimpin harus dilandasi kemauan dan ‘kedengkian’ yang tinggi melihat kemajuan yang dicapai desa lain.

Sifat ‘dengki’ tersebutlah yang memotivasi Musa selaku Kades untuk melakukan inovasi dalam pelayanan publik.

Ketika momen studi banding, Musa pun tak ragu memperhatikan konsep suatu desa di tempat lain, begitu juga BUMDes-nya, dan pelayanannya. Lalu, pulang dari studi banding, ia menerapkannya di Desa Parit Baru.

"Jadi kita melihat, memandang, pulang dari stui banding kita terapkan," ucapnya.(andi)***

Leave a comment