Jumadi: KPU dan Bawaslu Telah Bekerja Dengan Baik

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Proses pemungutan suara pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Sanggau telah selesai.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Jumadi menilai kinerja penyelanggara Pemilu sudah sangat baik.

Jumadi mengatakan, DPRD sebagai lembaga legislatif yang di dalamnya ada wakil rakyat turut terlibat aktif mengawasi kinerja penyelenggara Pemilu yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ditingkat kabupaten.

Hal tersebut tentunya suatu wewenang yang dimiliki DPRD untuk memastikan penyelanggara Pemilu bekerja dan bertindak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dari kacamata Jumadi, KPU dan Bawaslu sudah melaksanakan amanah dan tugas konstitusi dengan baik. Didukung dengan kolaborasi pemerintah daerah, TNI dan Polri pelaksanaan Pemilu berlansung aman dan damai.

"Artinya sangat baik, sangat luar biasa lah. Kita tunggu proses yang masih berjalan ini," tuturnya saat diwawancarai di kantornya.

Bukan tanpa alasan, penilaian tersebut disematkannya kepada dua lembaga tersebut karena hingga tahap rekapitulasi tidak ada permasalahan dan pelanggaran yang dilaporkan baik itu dari Bawaslu sebagai lembaga pengawasa, masyarakat dan peserta Pemilu.

Jumadi menambahkan, proses rekapituasli di kecamatan yang juga cukup krusial dalam pelaksanaan nya tidak terjadi kendala-kendala yang mengakibatkan masyarakat gaduh.

"Menunggu proses rekapitulasi tingkat kabupaten oleh KPU sudah selesai dan saya kita ini tidak ada masalah," pungkasnya. (ans)

Leave a comment