5 Wisata Alam di Kota Pontianak: Dari Hutan Kota hingga Destinasi Alami Pinggiran Kubu Raya

2 Mei 2024 08:57 WIB
Taman Alun Kapuas Pontianak/Pontianak/go.id

PONTIANAK, insidepontainak.com - Jika kamu ingin jalan-jalan ke Kota Pontianak dan sekitarnya, terutama di pinggiran kotanya berikut 5 wisata alam yang bisa buat kamu healing tipis-tipis. 

Wiata alam ini ada di Kota Pontianak dan pinggiran kota, yaitu masuk wilayah Kabupaten Kubu Raya. 

Apa saja wisata alam di Kota Pontianak dan Kubu Raya. Tenang, mimin akan merangkumnya dalam 5 wisata alam terbaik. 

1. Taman Digulis

Nah ini jadi kesukaan mimin saat mau healing tipis-tipis yaa. Taman yang diresmikan pada 10 November 1987 ini jadi saksi bisu berbagai peristiwa penting di Pontianak. Untuk mengenang peristiwa yang ada, dibuat tugu dengan 11 bambu runcing yang mewakili pejuang Boven Digoel.

Setelah mengalami banyak renovasi, kini Taman Digulis banyak menawarkan spot-spot menarik. Ada hutan kota dengan jogging track. Ada taman catur, ada spot skete board hingga basket. 

Yuk ajak keluarga ke sana. 

2. Alun-alun Kapuas

Alun-alun Kapuas berhadapan langsung denagn sungai Kapuas. Terletak di jalan utama di Jalan Tanjungpura Pontianak, tepat berada di depan Knator Wali Kota Pontianak Jalan Rahadi Usman. 

Area ini meliputi area lluas untuk aktivitas warga yang ingin duduk-duduk, ada taman bacaan, ada juga tugu Khatulistiwa mini di area paling ujung taman. 

Lingkungan asri dan suasana sejuk, dengan pohon-pohon rindang yang berjejer di sekitar area taman. 

3. Arboretum Sylva Taman Untan

Lokasi Arboretum Sylva Taman Untan terletak di area Universitan Tanjungpura Pontianak di Jalan Ahmad Yani Pontianak. Di tengah-tengah kota Bisa kamu bayangkan bukan tengah kota ada hutan mini yang rindang. 

Luas area hutan kota ini 3,48 hektare. Uniknya ada banyak jenis pohon yang sengaja di tanam di area tersebut. Belum lagi fauna yang ada di sana. 

Konon di sini ada 1.000 jenis flora, 12 jenis hewan mamalia, 32 macam burung, 35 macam serangga, dan beraneka ragam reptil. 
Menarik bukan? 

4. Hutan Albasia

Ini spot baru yang banyak hutan pinus yang kerap menjadi destinasi wisata alam Pontianak favorit. Nama tempatnya Hutan Albasia. 

Terletak di Jalan KH. Abdurrahman Wahid, Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jaraknya dari kota Pontianak sekitar 20 kilometer. 

Banyak aktivitas spot seru seperti hammocking hingga berkemah. 
Ini bisa jadi area spot foto yang kece dengan banyak tempat santai. 
Kamu bisa ke sana hanya dengan membayar Rp10.000 untuk bisa masuk. 

5. Agrowisata Dreamland

Ini salah satu spot kesukaan warga kota yang ingin helaing terus makan. 
Agrowisata Dreamland memadukan konsep restoran dengan agrowisata yang cocok jadi tempat wisata keluarga lho.

Di sana kamu akan melihat suasana hijau sepanjang jalan masuk. Terdapat banyak pepohonan rindang dan hijau sehingga membuat suasana sekitar makin sejuk. 

Bagi yang hanya ingin jalan-jalan, bisa banget. Karena tempat tersebut memiliki jalanan trotoar yang dapat digunakan pengunjung untuk berkeliling kawasan agrowisata. Asik bukan?

Lokasi Agrowisata Dreamland ini ada di Jalan Masjid Parit Haruna, Pal IX, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jaraknya dari Kota Pontianak sekitar 8 kilometer.

Yuk buat persiapan ke sana. 

Itu tadi im wisata alam terbaik di Kota Pontianak dan Kubu Raya. Yuk ajak keluarga dan teman-teman untuk healing dan memanjakan diri sebentar. (REDAKSI)


Penulis : Wati Susilawati
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment