Mobil Hias Kubu Raya Bawa Konsep Dermaga Saat Tampil di HUT Dekranas Kota Surakarta

16 Mei 2024 14:28 WIB
Rangkaian kegiatan Puncak Peringatan HUT ke-44 Dekranas di Kota Surakarta, Jawa Tengah, 15-16 Mei 2024 diikuti Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kubu Raya. (Istimewa)

SOLO, insidepontianak.com - Rangkaian kegiatan Puncak Peringatan HUT ke-44 Dekranas di Kota Surakarta, Jawa Tengah, 15-16 Mei 2024 diikuti Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kubu Raya.

Selain seremonial perayaan yang dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Tim Dekranasda Kubu Raya juga mengikuti Parade Mobil Hias-Kriya dan Budaya serta Pameran Produk Wastra dan Kerajinan.

Saat parade, mobil hias Dekranasda Kubu Raya sukses mencuri perhatian ribuan warga. Pasalnya mobil hias Kubu Raya tampil unik dengan visual bertema dermaga.

Tema tersebut diangkat karena lekat dengan kehidupan masyarakat pesisir di Kubu Raya. Khususnya sebagai pusat kegiatan perdagangan dan akses transportasi utama sejak masa silam.

"Kita mengirimkan sekitar 30 personel yang mengikuti kegiatan parade dan pameran," kata Pj Ketua Dekranasda Kubu Raya Ida Nurul Aini Kamaruzaman di Balai Kota Surakarta, Kamis (16/5/2024).

Selain parade, lanjut Ida, Dekranasda Kubu Raya juga mengikuti pameran produk wastra dan kerajinan.

"Untuk pameran produk wastra dan kerajinan, dari UMKM Kubu Raya kita menampilkan di antaranya beberapa produk keladi air.  Mudah-mudahan ini bisa menarik perhatian pasar di tingkat nasional," ucapnya.

Lebih lanjut Ida berharap para pelaku UMKM di Kubu Raya dapat terus meningkatkan kualitas produknya. Sehingga punya nilai jual dan mampu bersaing di level nasional bahkan internasional.

"Harapan saya UMKM Kubu Raya akan terus berkembang baik. Kita pun di Dekranasda terus berupaya memperbaiki kualitas dari produk-produk yang telah dihasilkan," tuturnya.

Terkait hal itu, Ida mengungkapkan pihaknya juga mengamati dan mempelajari keunggulan dari sejumlah produk yang ditampilkan oleh Dekranasda dari sejumlah daerah lainnya.

"Kita lihat di beberapa stan itu ada model-model produk yang terbaru. Nanti kita pelajari dan dimodifikasi agar bisa berkembang di Kalimantan Barat," pungkasnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment