Disdukcapil Kayong Utara Aktivasi Identitas Kependudukan Digital Bagi Mahasiswa

3 Maret 2024 09:28 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Kayong Utara, terus melakukan inovasi.

Terbaru, melakukan aktivasi identitas kependudukan digital mahasiswa Kabupaten Kayong Utara atau disingkat dengan nama program AKADEMIKKU.

Kadisdukcapil Kayong Utara, Aslinda mengatakan, inovasi identitas digital ini, merupakan wujud implementasi amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2022 tentang Spesifikasi Perangkat dan Blanko KTP elektronik serta ID Digital.

"Implementasi identitas kependudukan digital ini, telah dilaksanakan sejak Juli 2022, dimulai dengan seluruh pegawai, instansi vertikal, TNI/POLRI," ungkap Aslinda.

Program ini kemudian kembali dilanjutkan di awal tahun ini, menyasar masyarakat usia sekolah dengan jemput bola di desa-desa, dan mahasiswa Kayong Utara.

"Kegiatan ini bekerja sama dengan Himakatra KKU. Menurut Ketua Himakatra, jumlah mahasiswa KKU yang sedang kuliah di Pontianak sebanyak kurang lebih 1.300 orang" terangnya.

Jumlah ini juga menjadi target penerapan identitas kependudukan digital sesuai arahan Dirjen Dukcapil.

Pada kesempatan tersebut Disdukcapil juga menggelar program Dukcapil Begalor, bersama mahasiswa. Di mana selain menyampaikan informasi terkait IKD, pihak Disdukcapil KKU juga menyampaikan inovasi pelayanan yang ada.

Termasuk inovasi pelayanan online berbasis web sistem informasi pendaftaran dokumen administrasi kependudukan Kabupaten Kayong Utara atau disingkat dengan SIDATOKKU. ***

Leave a comment