Capaian Pembangunan Nyata, Mantan Sekda Sambas Uray Tajudin Yakin Satono Menang 2 Periode

6 Mei 2024 12:36 WIB
Sekda Sambas periode 2017-2019 Uray Tajudin. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Sekda Sambas periode 2017-2019, Uray Tajudin meyakini, Satono akan memenangkan Pilkada Sambas 2024.

Menurut Uray Tajudin, banyak faktor yang akan mendukung kemenangan Satono untuk periode keduanya. Sebab, capaian pembangunan di masa kepemimpinan Satono dirasa cukup berhasil.

Misalnya, IPM Sambas kini melesat naik. Dengan angka 70,60 persen. Lebih tinggi dari IPM Kalbar yang berada di angka 70,47 persen.

Di awal masa jabatan Satono, atau tahun 2021, IPM Sambas hanya di angka 69,03 persen. Empat tahun memimpin, Satono berhasil meningkatkan IPM sekitar 1,57 persen.

Selain itu, Bupati Satono juga cukup berhasil melakukan percepatan pembangunan infrastruktur. Bahkan, sudah puluhan jembatan dibangun tanpa APBD.

Program ini disebut Jembatan Berkemajuan. Pembangunannya melibatkan pengusaha-pengusaha, secara sosial. Terbukti, manfaatnya dirasakan masyarakat.

Selanjutnya, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sambas di era Satono juga cukup baik. Tahun 2023 pertumbuhan ekonomi Sambas berada di angka 4,69 persen.

Meningkat 0,5 persen dibanding 2022, yang berada di posisi 4,64 persen dan meningkat 0,32 persen dibanding tahun 2021 yang berada di posisi 4,37 persen.

Data ini menunjukkan, pertumbuhan ekonomi di masa kepemimpinan Bupati Satono terus naik dari tahun ke tahun.

“Kami sudah briefing kurang dari 3 tahun Bapak Haji Satono menjabat sebagai Bupati Sambas, itu terlepas dari kekurangan, tapi banyak bukti yang sudah kita lihat,” kata Uray Tajudin.

Baginya, capaian-capain pembangunan ini menjadi modal besar Bupati Satono untuk dipilih oleh masyarakat Sambas di periode kedua ini.

Di sisi lain, Uray melihat, Tim Pemenangan Satono juga menjadi salah satu faktor yang akan membawa kemenangan. Sebab, orang-orang yang ada di dalamnya punya track record dan berintegritas.

“Saya punya keyakinan kalau Anwari sebagai ketua tim kemenangan, berapa kali sudah terbukti beliau sukses mengantarkan calon yang diusung,” ucapnya optimis. (Nia)***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment