Kurangi Pengangguran, Disnakertrans Kalbar Fasilitasi Pelatihan Keterampilan Pencari Kerja

6 Mei 2024 12:04 WIB
Disnakertrans Kalbar Hermanus/Greg

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans Kalbar, menyiapkan beberapa pelatihan kerja bagi para pencari kerja.

Pelatihan kerja ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bagi para pencari kerja. Cara ini menjadi salah satu strategi agar angkatan kerja bisa terserap dengan maksimal.

Adapun pelatihan kerja dapat diikuti di UPT Pusat Kegiatan Pelatihan Tenaga Kerja (PKPTK), jalan Abdurrahman Saleh (BLKI), Kota Pontianak.

UPT PKPTK sendiri telah menyiapkan beberapa pelatihan, di antaranya pelatihan kelistrikan, otomotif, perakitan komputer, bisnis manajemen dan lain sebagainya.

Kepala Disnakertrans Kalbar, Hermanus berharap dengan adanya pelatihan-pelatihan kerja ini angka pengangguran di tahun 2024 dapat turun dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan data yang disampaikan oleh Disnakertrans Kalbar angka pengangguran pada tahun 2023 sebesar 5,05 persen, sementara tahun 2022 sebesar 5,11 persen.

"Artinya ada penurunan 0,06 persen dari tahun 2022 hinggga 2023," kata Hermanus, Senin (6/5/2024).

Hermanus mengatakan, bahwa dengan mengikuti pelatihan di UPT PKTK, maka akan semakin banyak calon-calon tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan berkualitas, sehingga dapat bekerja di perusahaan ataupun berwirausaha.

"Pada intinya kita harapkan program pelatihan kerja ini dapat berjalan sukses. Dan mampu menekan angka pengangguran," pungkasnya. (Greg)***


Penulis : Greg
Editor : -

Leave a comment