Dishub Kayong Utara Siapkan Pelabuhan Alternatif Antisipasi Lonjakan Arus Mudik

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Dinas Perhubungan atau Dishub Kayong Utara, menyiapkan pelabuhan alternatif untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik.

Dishub Kayong Utara memprediksi, lonjakan penumpang akan terjadi di Pelabuhan Teluk Batang di momentum libur lebaran Idulfitri. Karena itu, pelabuhan alternatif disiapkan sebagai solusi mencegah kepadatan.

Adapun pelabuhan alternatif yang disiapkan yaitu Pelabuhan Seponti yang melayani pemudik ke Pontianak dan sebaliknya. Langkah ini diharap dapat mengurai kepadatan arus mudik di Pelabuhan Teluk Batang.

"Kalaupun di Pelabuhan Teluk Batang overload, nanti kita coba upayakan kerahkan penumpang-penumpang yang tidak ter-cover di Teluk Batang akan di arahkan ke Seponti," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kayong Utara, Erwan Wahyu Hidayat, Selasa (11/4/2023).

Selain menyiapkan langkah pelabuhan alternatif, Dishub Kayong Utara juga memperkerat pengawasan penjualan tiket, supaya tidak terjadi perubahan harga yang dapat membebani masyarakat.

Erwin memastikan, sejauh ini harga tiket kapal untuk angkutan pemudik tidak ada perubahan. Semua terpantau masih menggunakan harga standar.

"Tiket tidak ada kenaikan. Kalaupun nanti di lapangan terdapat seperti itu mungkin ini lebih kepada oknum," katanya.

Ia berharap, media dan masyarakat ikut membantu mengawasi penjualan tiket di momen libur lebaran ini. Jika ada yang memanfaatkan situasi ini harap dilaporkan.

"Kami minta tolong kepada media untuk bisa bantu kami untuk laporkan biar kami minimal bisa menindak oknum tersebut," katanya.

"Insyaallah dari pengalaman sebelumnya untuk harga tarif tiket tidak ada kenaikan. Paling kita akan waspada pengendalian lonjakan penumpang liar," tutupnya.****


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment