Wabup Farhan Harap FKUB Ketapang Jadi Wadah Meneguhkan Nilai Moderasi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - Wakil Bupati Ketapang Farhan mengukuhkan kepengurusan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) periode 2022-2027, di Pendopo Bupati Ketapang, Jumat (12/05/2023) .

Pengukuhan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Ketapang Nomor: 766/BKBP tentang Penetapan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Adapun Ketua FKUB Ketapang dijabat oleh Heronimus Tanam. Saat ini menjabat sebagai Asisten Sekda bidang Administrasi Umum dan Ketua DAD Ketapang.

Pengukuhan pengurus FKUB ini bertajuk: Membangun Harmoni dan Memperkuat Kerukunan Umat Beragama. Tema itu memberi semangat dalam menjaga persatuan dan kesatuan.

Farhan menyampaikan, kerukunan umat beragama di Kabupaten Ketapang sejatinya telah tercipta dengan baik. Kerukunan itu selalu terjaga karena ikhtiar bersama.

"Kesadaran masyarakat untuk tidak memberi ruang bagi tumbuhnya rasa intoleran dan berkembangnya benih-benih permusuhan merupakan hal positif yang harus dipertahankan dan ditingkatkan," pesan Farhan membacakan sambutan Bupati.

"Namun kita jangan terlena karena ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan akan tetap ada," ucapnya mengingatkan.

Karena itu, ia berharap keberadaan FKUB di Kabupaten Ketapang dapat menjadi wadah dialog para pemuka agama, tokoh masyarakat dan menjadi media dalam menampung aspirasi.

"Forum umat beragama merupakan miniatur kebhinekaan Indonesia. Saya berharap tidak ada satupun yang ditinggalkan atau dipinggirkan," pesannya lagi.

Ia pun menjamin, Pemerintah Kabupaten Ketapang akan terus memberikan dukungan penuh agar peran-peran FKUB dapat semakin optimal dalam menjaga nilai-nilai moderasi beragama.

"Kami mengharapkan FKUB Kabupaten Ketapang dapat melahirkan rumusan-rumusan visioner dan rencana-rencana program strategis, untuk meneguhkan nilai-nilai moderasi dan toleransi," pungkasnya.***

Leave a comment